Pengaruh Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Audio Visual Berbantuan Aplikasi KineMaster Terhadap Literasi Matematika Siswa

Muhaammad Thohir Mahfudzh Alwi, Nila Ubaidah, Mochamad Abdul Basir

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pengaruh aktivitas belajar siswa menggunakan audio visual terhadap literasi matematika siswa pada materi Teorema Pythagoras siswa SMP IT Asshodiqiyah Semarang. Audio visual dibuat dengan bantuan aplikasi KineMaster yang memuat indikator-indikator yang sesuai dengan standar kompetensi materi Teorema Pythagoras. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat literasi matematika sesudah menggunakan metode audio visual. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif dengan menggunakan Pre Experimental Designs – One Group Pretest Posttest Designs. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan teknik Non Random Sampling, yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP IT Asshodiqiyah. Sedangkan dalam pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner aktivitas belajar siswa, tes berupa pretest-posttest dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa pengaruh aktivitas belajar siswa menggunakan audio visual berpengaruh secara signifikan terhadap literasi matematika siswa dengan taraf signifikansi 0,001. Setelah dilakukan uji N-Gain ditemukan bahwa peningkatan literasi matematika masuk dalam kategori sedang dengan hasil mean 0,3640. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Aktivitas Belajar, Audio Visual, Literasi Matematika, Teorema Pythagoras

Full Text:

PDF

References


Annur, Muhammad Firman, and Hermansyah. 2020. “Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19.†Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan 11 (2): 195–201.

Elyana, Dian, Andhika Ayu Wulandari, Ori Bandiningaih, Tri Mulyani, and Jalan Patimura No. 2022. “Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Video†2: 77–86.

Herlina, V. 2019. Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=WTOyDwAAQBAJ.

Ishari, Nurhafid, Siti Fathanah Putri, and Taqwa Nur Ibad. 2021. “Eksploitasi Media Pembelajaran Aplikasi Kinemaster.†Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies 1 (1): 1–10. https://doi.org/10.54471/nusantara.v1i1.12.

Jensen, Fredrik, Andreas Pettersen, Tove S. Frønes, Marit Kjærnsli, Anubha Rohatgi, Anna Eriksen, and Eva K. Narvhus. 2019. PISA 2018 - Norske Elevers Kompetanse i Lesing, Matematikk Og Naturfag. https://www.udir.no/tall-og-forskning/finn-forskning/rapporter/pisa-2018/.

Nabila, Shella, Idul Adha, and Riduan Febriandi. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 5 (5): 3928–39.

Nguyen, Lan Thi, Issara Kanjug, Grichawat Lowatcharin, Theeradej Manakul, Kornwipa Poonpon, Weerachai Sarakorn, Anucha Somabut, Niwat Srisawasdi, Saksuriya Traiyarach, and Kulthida Tuamsuk. 2022. “How Teachers Manage Their Classroom in the Digital Learning Environment – Experiences from the University Smart Learning Project.†Heliyon 8 (10): e10817. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e10817.

OECD. 2018. “What Students Know and Can Do.†PISA 2009 at a Glance I. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en.

Rahmayanti, Ainia, Mochamad Abdul Basir, and Dyana Wijayanti. 2020. “Pengembangan Video Pembelajaran Fungsi Komposisi Sebagai Alternatif Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis.†Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek) 3 (2): 57–64. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss2pp57-64.

Sugiyono, Prof. Dr. 2019. METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R and D.

Tohir, Mohammad. 2019. “Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015.†Paper of Matematohir 2 (1): 1–2. https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/.

Ubaidah, Nila, and Imam Kusmaryono. 2020. “Kemampuan Literasi Matematika Berdasarkan Kompetensi Reproduksi Sebanyak 1 Orang Siswa Dan Kompetensi Koneksi Sebanyak 6 Orang Siswa.†Jurnal Pendidikan Dikdatik Matematika 4 (2): 147–58.

Wahab, Abdul, Junaedi Junaedi, and Muh. Azhar. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain Di PGMI.†Jurnal Basicedu 5 (2): 1039–45. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845.

Wulantina, Endah, and Sugama Maskar. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar MatematikaBerbasis Lampungnese Ethomathematics.†Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika 9 (02): 71–78. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i02.7493.

Xu, Xiaoming, J. Schönrock-Adema, A. D.C. Jaarsma, R. J. Duvivier, and N. A. Bos. 2022. “A Conducive Learning Environment in International Higher Education: A Systematic Review of Research on Students’ Perspectives.†Educational Research Review 37 (July 2021). https://doi.org/10.1016/j.edurev.2022.100474.

Yensy, Nurul Astuty. 2020. “Metode Alternatif Menentukan KPK Dan FPB Suatu Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Alat Peraga.†PENDIPA Journal of Science Education 4 (2): 107–14. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.2.107-114.

Zidniyati. 2014. “PENCIPTAAN LEARNING ENVIRONMENT Dl SEKOLAH DASAR.†Ar Risalah XIII.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v4i1.32714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id