Analisis Peran Guru dalam Mengembangkan Sikap Disiplin Siswa SD Islam Darul Huda Genuksari

Muhamad Masrur, Yulina Ismiyanti, Yunita Sari

Abstract


Guru memiliki peran besar dalam pendidikan peserta didik karena guru dapat melatih kedisiplinan peserta didik disekolah sehingga terbentuklah karakter yang baik dalam diri anak. Guru mempunyai peran yang sangat strategis dalam membentuk pengetahuan, keterampilan, dan karakter peserta didik. Mewujudkan SDM yang mempunyai keterampilan, pengetahuan, dan karakter peserta didik diperlukan sikap disiplin yang baik. Untuk itu, artikel ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran guru dalam mengembangkan sikap disiplin siswa, dan (2) Mengetahui sikap disiplin yang dikembangkan pada kelas 3D SD Islam Darul Huda Genuksari. Riset kualitatif ini menggunakan metode analisis dan studi kasus yang bersandar pada observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan (a) peran guru dalam mengembangkan sikap disiplin sudah baik dalam mengajarkan dan membimbing kepada siswa dan terdapat guru mempunyai metode khusus dengan dibiasakan dan membiasakan dalam menerapkan sikap disiplin, (b) guru berperan sebagai suri tauladan dan panutan siswa dengan guru berangkat ke sekolah dengan tepat waktu, tertib dan berpakaian sesuai dengan jadwal, bersikap baik. disiplin dan guru menjaga lisanya dengan baik, (c) sikap disiplin yang dikembangkan yaitu patuh, taat, konsekuen dan tertib. Sikap disiplin yang dikembangkan oleh guru sudah baik dilakukan oleh guru kelas. Hal ini dibuktikan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.

Keywords


Peran guru, mengembangkan, sikap disiplin

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.3.3.246-252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id