Penerapan Project Based Learning Berbantuan Klinometer Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Trigonometri

Nabila Mahmudah Noor, Mohamad Aminudin, Hevy Risqi Maharani

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis penerapan Project Based Learning (PjBL) berbantuan klinometer dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi trigonometri siswa kelas XI MIPA SMA Al-Fattah Terboyo Semarang tahun ajaran 2022/2023. Peneliti menggunakan mixed method sequential exploratory yang berdesain pre-experimental one-group pretest-posttest. Hasil analisis perhitungan berdasarkan uji one sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,012 <0,05 yang berarti bahwa proporsi siswa yang sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) lebih dari 75%. Perolehan nilai sig. (2-tailed) berdasarkan uji paired t-test senilai 0,000 <0,05 yang berarti bahwa nilai siswa antara sebelum dan sesudah diberikan tindakan pembelajaran dengan PjBL berbantuan klinometer mengalami perbedaan dengan rata-rata nilai tes dari 61,80 menjadi 79,52. Uji N-Gain senilai 0,4513 yang menunjukkan bahwa efektivitas penerapan PjBL berbantuan klinometer berkategori sedang.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.3.3.221-227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id