Perencanaan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Kediri

Ikhwanul Muslimin, Addin Arsyadana, Hasbi Assyiddiqi Bimasbuqin

Abstract


Artikel ini meneliti tentang perencanaan pengembangan kurikulum berbasis kurikulum merdeka yang diterapkan di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perencanaan pengembangan kurikulum dan mengetahui proses pembelajaran dalam penerapan kurikulum merdeka di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian keabsahan data menggunakan tiga tahap pengujian yaitu, uji kredibilitas, uji depantibilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian ditemukan bahwa, (1) Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Kediri yang terdiri dari (MAN 2 Kediri, MAN 3 Kediri, MAN 4 Kediri) merupakan madrasah yang ditunjuk oleh Kementerian Agama untuk menerapkan kurikulum merdeka sesuai dengan SK Dirjen Pendis Nomor 3811 Tahun 2022; (2) Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Kediri menggunakan perpaduan kurikulum merdeka dan kurikulum lokal yang dibuat oleh stakeholder lembaga (Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru, dan Walisantri); (3) Perpaduan tersebut terdapat proses perencanaan dalam pengembangan kurikulum di Madrasah berupa pembentukan karakter peserta didik yang meliputi 5 hal diantaranya, a) Perspektif ibadah kepada Allah SWT, b) Hubungan Guru-Peserta Didik diikat dengan mahabbah fillah, c) Pandangan ‘ainurrahmah, d) Hati nurani sebagai sasaran utama, e) Akhlak diatas ilmu pengetahuan.

Keywords


Kurikulum Merdeka; Perencanaan Kurikulum; Madrasah

Full Text:

PDF

References


Ahid, N., & Sufirmansyah, S. (2022). the Implementation of Merdeka Belajar Policy in East Java. Didaktika Religia, 10(1), 149–168. https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/didaktika/article/view/4121%0Ahttps://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/didaktika/article/download/4121/1697

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Anisa, D. L. N. (2022). IMPLEMENTATION OF INDEPENDENT LEARNING CURRICULUM AS A 21st CENTURY LEARNING MODEL IN HIGHER EDUCATION. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 233–248. https://doi.org/10.14421/manageria.2022.72-15

Ardini, P. P. (2021). Book Chapter: Pedagogi dalam Perspektif Pembelajaran di Era Society 5.0 (Y. Juniarti (ed.)). Yayasan Sahabat Alam Rafflesia.

BSKAP, K. (2022a). Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. In Kemendibudristek (Issue April). Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. https://pascaldaddy512.com/kurikulum-operasional-satuan-pendidikan-kosp/

BSKAP, K. (2022b). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan. In Kemendibudristek. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

Direktur KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, K. R. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin. In Kementrian Agama Republik Indonesia. Kementrian Agama Republik Indoneisa. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Hidayani, M. (2018). Model Pengembangan Kurikulum. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 16(2), 375. https://doi.org/10.29300/attalim.v16i2.845

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Lewy, A. (1983). Merencanakan Kurikulum Sekolah. UNESCO.

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar†di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Mukhtar, R. (2015). Rencana pengembangan sekolah. Manajer Pendidikan, 9(3), 386–393. https://www.mendeley.com/catalogue/c184474d-3aa8-3827-86dd-578ddb9f5204/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B18c3c7fc-fc76-47f8-a573-f304f19f86bf%7D

Muslimin, I. (2023a). MERDEKA BELAJAR PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM : STUDI KASUS DI MADRASAH SE-JAWA TIMUR. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 31–49.

Muslimin, I. (2023b). Pengembangan kurikulum pendidikan karakter di madrasah berbasis kurikulum merdeka. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID), 5(1), 108–130.

Panginan, V. R., & Susianti. (2022). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Perbandingan Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(1), 9–16.

Puskur Dikbud Ristek. (2022). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. In Kajian Akademik. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

Rau, D. W., Rotty, V. N. J., Usoh, E. J., Lalamentik, J., & Tuerah, R. M. S. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Membentuk Karakter Peserta Didik yang Berorientasi pada Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Fakultas Ekonomi, 11(4), 870–875.

Saefullah, U. (2012). Manajemen Pendidikan Islam (p. 332). Pustaka Setia.

Siamat. (2003). Manajemen Lembaga.

Siti Farikhah; Wahyydhiana. (2015). Manajemen Pendidikan (p. 384).

Usanto, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Cakrawala Repositori IMWI, 5. https://www.cakrawala.imwi.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/142

Yaqin, N. (2016). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. In Madinah: Jurnal Studi Islam (Vol. 3, Issue 2). http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/madinah/article/view/178




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.3.2.134-143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id