Analisis Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Sebagai Bentuk Investasi Pendidikan Untuk Meningkatkan Perekonomian

Friska Ayu Nur Rabani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelangi oleh bagaimana minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi yang nantinya dapat dijadikan sebagai bentuk investasi di masa depan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk melihat bagaimana minat siswa SMAN 13 Surabaya dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi; (2) untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi; dan (3) untuk melihat peran pendidikan tinggi sebagai bentuk investasi pendidikan yang dapat memperbaiki perekonomian.. Dalam keberhasilan peningkatan ekonomi suatu negara dapat dilihat dari minat untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Pendidikan menjadi salah faktor yang dapat memperbaiki kualitas diri dan memperbaiki kondisi ekonomi seseorang menjadi lebih baik dan tercukupi. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK yang memiliki peran penting dalam menumbuhkan motivasi siswa untuk dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Hasil yang diperoleh bahwa di SMAN 13 Surabaya 85%-90% yang melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Dari kelas 10, sekolah sudah mensosialisaikan tentang perguruan tinggi sebagai bentuk pendidikan lanjutan untuk siswa sekolah menengah pertama. Dari situ para siswa akan selalu termotivasi untuk terus belajar dan meraih hasil yang terbaik untuk dapat diterima di perguruan tinggi favorit.

Keywords


minat siswa, perguruan tinggi, investasi pendidikan, perekonomian

Full Text:

PDF

References


Akasumbawa, M. D. D., Adim, A., & Wibowo, M. G. (2021). Pengaruh Pendidikan, Angka Harapan Hidup dan Jumlah Penduduk Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Negara dengan Jumlah Penduduk Terbesar di Dunia. Riset, Ekonomi, Akuntansi Dan Perpajakan (Rekan), 2(1), 11–20. https://doi.org/10.30812/rekan.v2i1.1047

Bayu Windayana, I. B. A., & Darsana, I. B. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Umk, Investasi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Dan Pertumbuhan Ekonomi, Kabupaten/Kota Di Provinsi Bali. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 1, 57. https://doi.org/10.24843/eeb.2020.v09.i01.p04

Devi, W. S., Astriani, L., Sahrul, M., Aspar, M., & Savitri, T. (2022). Pelatihan Literasi Digital Dalam Berorganisasi “Pendidikan, Kesehatan, Sosial, daN eKONOMI; Pendidikan Keluarga dan Masyarakat.†1(2), 10–17.

Fahrizal, F., Zamzami, Z., & Safri, M. (2021). Analisis pengaruh jumlah tenaga kerja, tingkat pendidikan dan investasi terhadap pertumbuhan ekonomi melalui kesempatan kerja di Provinsi Jambi. Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(1), 167–190. https://doi.org/10.22437/jpe.v16i1.11825

Fani, J., Subagio, N., & Rahayu, V. P. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii Di Sma Negeri 14 Samarinda. Jurnal Prospek : Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 4(1), 24–34. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/prospek

Handrian, O. S., & Indrajaya, I. G. B. (2022). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Tenaga Kerja, Tingkat Pertumbuhan Penduduk Dan Kepadatan Penduduk Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur. E-Jurnal EP Unud, 11(3), 887–899. https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/84280

Kusumanto, I., & Pranata, A. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa SMA Negeri Menjadi Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA Riau. 3(2), 88–93.

Linggawati, N. W., & Wenagama, I. W. (2022). Pengaruh Pendidikan, Pertumbuhan Ekonomi, Dan Tingkat Upah Terhadap Jumlah Pengangguran Dan Kemiskinan Di Kabupaten Karangasem. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 11(04), 400. https://doi.org/10.24843/eeb.2022.v11.i04.p02

Lubis, N. A., Achmad, S. S., & Wilson. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII SMA Negeri 6 Tualang Kampung Maredan Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Mahyudin, M. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan Tinggi Ke Universitas Terbuka (Studi Kasus SLTA Negeri dan Swasta Sederajat di Provinsi Jambi). Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 32. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.122

Nadi, N. P. D. M., & Agustini, N. M. Y. A. (2020). PERAN MOTIVASI BELAJAR BERPRESTASI DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA PEREMPUAN DI TABANAN. 17(2), 766–777.

Nurjannah, L. A., & Kusmuriyanto. (2016). Pengaruh Prestasi Belajar, Motivasi Belajar, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 495–504.

Oryza, S. B., & Agung Listiadi. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 23–36. https://doi.org/10.26740/jpeka.v5n1.p23-36

Pratama, A., Sasferi, N., & Kholidin, F. I. (2022). Peran Kondisi Sosio-Ekonomi Keluarga terhadap Perencanaan Karir Siswa. Indonesian Journal of Counseling and Development, 4(1), 44–52. https://doi.org/10.32939/ijcd.v4i1.1253

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Ramadhan, R., Usman, M., & Armiati, A. (2018). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi (Studi Pada Siswa Smk Nasional Padang). Jurnal Ecogen, 1(4), 140. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i1.4733

Rokhimah, S. (2015). Rokhimah, S. (2015). Pengaruh Dukungan Sosial Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Sma Negeri 1 Tenggarong Seberang Siti. eJournal Psikologi, 3(20), 382–394. http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site. Oikonomia: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(3), 169–174.

Sedyati, R. N. (2022). Perguruan Tinggi Sebagai Agen Pendidikan dan Agen Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 16(1), 155–160. https://doi.org/10.19184/jpe.v16i1.27957

Suciningrum, N. P., & Rahayu, E. S. (2015). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Motivasi Belajar Tehadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Kelas Xi Di Sma Pusaka 1 Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 3(1), 1. https://doi.org/10.21009/jpeb.003.1.1

WAHYU AGUSTIN, A., & Cahyono, H. (2017). Pengaruh pendidikan tinggi dan investasi asing langsung terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3).

Widayati, I. (2012). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga, dan Pembelajaran di Perguruan Tinggi terhadap Literasi Finansial Mahasiswa. DISERTASI Dan TESIS Program Pascasarjana …, 2, No. 2(2), 176-183j. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/17526

Widiansyah, A. (2017). Peran ekonomi dalam pendidikan dan pendidikan dalam pembangunan ekonomi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 17(2), 207–215.

Wujarso, R. (2022). Peran Human Capital Dalam Pertumbuhan Ekonomi. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 6(2), 430–438. https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i2.790




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.3.2.113-122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id