Implikasi Budaya dalam Pendidikan Terhadap Pembentukan Karakter Positif Bagi Siswa MA Al-Ishlah Sagalaherang

Taopik Ramdan, Devi Vionitta Wibowo, Afif Nurseha

Abstract


Abstrak

Pendidikan karakter positif melalui impilakasi budaya di MA Al-Ishlah Sagalaherang dilakukan dengan kegiatan baiat. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan pembentukan karakter positif siswa di MA Al-Ishlah Sagalaherang. Motede penelitian yang dilakukan yaitu dengan penelitian kualitatif deskriftif dengan Teknik analisis data melalui observasi dan wawancara. Adapun hasil dari penelitian memperoleh bahwa penerapan Pendidikan karakter positif siswa dengan implikasi budaya melalui kegiatan baiat yang dilakukan setiap hari sebelum masuk kelas kegiatan ini terdapat makna bahwa pentingnya disiplin waktu dan pentingnya berdoa, faktor pendukung dari penerapan pendidikan karakter positif siswa disekolah diataranya yaitu guru, siswa, pembiasaan atau kegiatan disekolah, sarana prasarana yang ada dilingkungan sekolah. Faktor penghambat atau kendala pelekasanaan bendidikan karakter posistif disekolah, kendala penerapan budaya sekolah adalah keterbatasan waktu, latar belakang siswa, kemampuan siswa yang berbeda, dan peralatan yang kurang memadai.

Kata kunci: implikasi, budaya, karakter positif


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Fatmah, N. (2018). Pembentukan karakter dalam pendidikan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 369–387.

Fikri, M. K. (2016). Kontribusi Kinerja Guru, Budaya Sekolah dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren Se-Kabupaten Tulungagung. IAIN Tulungagung.

Fuad, J. (2012). Pendidikan Karakter Dalam Pesantren Tasawuf. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 23(1).

Johannes, N. Y., Ritiauw, S. P., Mahananingtyas, E., & Nurhayati, N. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal Dalam Meningkatkan Sikap Positif Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2), 84–94.

Muchlas, S., & Haryanto, M. S. (2012). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saomah, A. (2017). Implikasi teori belajar terhadap pendidikan literasi. Medan: Http://Repository. Usu. Ac. Id.

Sukmawati, H. (2013). Tripusat Pendidikan. PILAR, 4(2).

Vitaria, L. (2017). Budaya Sekolah Di Sekolah Menengah Atas 17 Bantul. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 6(6), 587–598.

Widi, E. N. N., Saraswati, P., & Dayakisni, T. (2017). Kedisiplinan siswa-siswi SMA ditinjau dari perilaku shalat wajib lima waktu. Jurnal Psikologi Islam, 4(2), 135–150.

Winarno, B. (2007). Sistem politik Indonesia era reformasi. Gramedia Pustaka Utama.

Fatmah, N. (2018). Pembentukan karakter dalam pendidikan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 369–387.

Fikri, M. K. (2016). Kontribusi Kinerja Guru, Budaya Sekolah dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren Se-Kabupaten Tulungagung. IAIN Tulungagung.

Fuad, J. (2012). Pendidikan Karakter Dalam Pesantren Tasawuf. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 23(1).

Johannes, N. Y., Ritiauw, S. P., Mahananingtyas, E., & Nurhayati, N. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal Dalam Meningkatkan Sikap Positif Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2), 84–94.

Muchlas, S., & Haryanto, M. S. (2012). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saomah, A. (2017). Implikasi teori belajar terhadap pendidikan literasi. Medan: Http://Repository. Usu. Ac. Id.

Sukmawati, H. (2013). Tripusat Pendidikan. PILAR, 4(2).

Vitaria, L. (2017). Budaya Sekolah Di Sekolah Menengah Atas 17 Bantul. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 6(6), 587–598.

Widi, E. N. N., Saraswati, P., & Dayakisni, T. (2017). Kedisiplinan siswa-siswi SMA ditinjau dari perilaku shalat wajib lima waktu. Jurnal Psikologi Islam, 4(2), 135–150.

Winarno, B. (2007). Sistem politik Indonesia era reformasi. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.3.2.92-100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id