ANALISIS KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DENGAN MEMANFAATKAN LMS SCHOOLOGY

Lukita Yuniati

Abstract


Pandemi Covid-19 berdampak besar terutama pada pendidikan di sekolah sala satunya pendidikan pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), sehingga diperlukan keterampilan manajerial kepala sekolah dalam melaksanakan pembelajaran online di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kemampuan manajerial kepala sekolah dan mendeskripsikan kendala yang dihadapi kepala sekolah serta solusi yang dilakukan kepala sekolah dalam mengatasi permasalahanbpembelajaran pada masa pandemi dengan memanfaatkan LMS Schooogy. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan manajerial kepala sekolah dilihat dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pengaktifan, dan pengawasan sudah dilakukan dengan cukup baik dengan langkah-langkah khusus yang dilakukan oleh kepala sekolah. Kendala yang dihadapi kepala sekolah berasal dari dua faktor, yaitu kendala internal berupa keterbatasan keterampilan TIK guru dan kurangnya inovasi pembelajaran, serta kendala eksternal karena keterbatasan sarana dan prasarana yang digunakan siswa. Solusi yang dilakukan kepala sekolah dalam permasalahan internal berupa pembinaan dan arahan kepada guru serta upaya peningkatan kemampuan guru melalui pelatihan, sedangkan untuk permasalahan eksternal yaitu dengan memaksimalkan sarana dan prasarana, membentuk kelompok belajar siswa dan melakukan kunjungan rumah.


Keywords


Pandemi Covid, Pendidikan SMA ,Manajerial Kepala Sekolah, Pembelajaran Online, dan Schoology.

Full Text:

PDF

References


Agustin, R. D., & Khairunisa, S. (2018). Budaya Sekolah Menghafal Perkalian dan Membaca Buku Non Pelajaran Sebagai Peningkatan Literasi di Sekolah Menengah Atas. 121–126.

Akbar, A. A. (2020). Penerapan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process Terhadap Penilaian Kinerja Guru. Jurnal Tekno Kompak, 14(2), 111. https://doi.org/10.33365/jtk.v14i2.775

Alsuwaidi, K. A. K. Y., & Omar, A. J. (2020). Structural model of principals’ innovative leadership attributes on managerial creativity. International Journal of Sustainable Construction Engineering and Technology, 11(2), 150–156. https://doi.org/10.30880/ijscet.2020.11.02.017

Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Atas Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177–182. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.18

Astuti, S. (2017). Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Di SD Laboratorium UKSW. Scholaria, 7(1), 49–59. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/713

Awada, G. (2016). Effect of whatsapp

on critique writing proficiency and perceptions toward

learning.Cogent Education, 3(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2016.1264173

Badrudin, A. R., Ginanjar, M. H., & Wartono, W. (2020). the Effectiveness of Online Based Learning During the Covid-19 Pandemic At Private School in Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(02), 480. https://doi.org/10.30868/ei.v9i02.909

Bensalem, E. (2018). The Impact of WhatsApp on EFL students’ Vocabulary Learning. Arab World English Journal, 9(1), 23–38. https://doi.org/10.24093/awej/vol9no1.2

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018

Fadila, R. N., Lutfiani, E. A., R, I. S., Veronika, N., Rachmanto, D., & Arfinanti, N. (2020). Efektivitas pengelolaan sumber daya sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 81–88. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.28997

Fathoni, Achmad, & Desstya, A. (2016). Interpersonal Communication of the Principal As Efforts To. Interpersonal Communication Of The Principal As Efforts To Develop Character Education, 359–365.

https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/7666/41.pdf?sequence=1&is Allowed=y

Fathoni, Ahmad, Muhibbin, A., & Hidayat, N. (n.d.). Principal ’ S Interpersonal Communication Based on Javanese Cultural Values ( Multisite Study on the Child Friendly Schools in Surakarta ). The First International Conference on Child - Friendly Education Including, 282–294. http://hdl.handle.net/11617/7666 (Afif Tri Hastowo, Muhammad Abduh)

Hakim, D. L. (2017). UNES Journal of Community Service. UNES Journal of Community Service, 2(2), 157–163.

Idris. (2020). Kajian Kebijakan Peningkatan Profesionalisme Guru Dan Dosen Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 41–52.

Kartini, K., & Susanti, S. (2019). Supervisi Klinis Oleh Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Pembelajaran. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 160. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i2.2905

Magdalena, I., Andriani, R., Rachman, Y. A., Putri, K. A., & Chandra, S. N. (2020). Evaluasi Kesulitan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Sejarah Di SDN Pasirgadung 1 Kabupaten Tangerang. Jurnal Halaqah, 2(3), 363–371. https://doi.org/10.5281/zenodo.3940588

Mashyuri, R. F., Amalia, F., & Arwan, A. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Keuangan Sekolah ( Studi Kasus : MTS Yanuris 1 Linggapura ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Imu Komputer, 3(12), 10906–10915.

Matondang, A. (2018). Suatu Tinjauan Tentang Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 1(2), 7–15. https://doi.org/10.30743/best.v1i2.773

Mulyani, N. (2017). Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kinerja Guru: Studi di SLB Negeri Ciamis dan SLB Negeri Banjar. Indonesian Journal of Education Management & Administration Rieview, 1(2), 163–168.

Musari. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kedisiplinan Guru Dan Karyawan Di SMP Negeri 8 Padang. Jurnal Ilmiah Ekotrans Dan Erudisi, 1(1), 1–13.

Nur, M., Harun, C. Z., & Ibrahim, S. (2016). Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Sdn Dayah Guci Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(1), 93– 103.

Puspitasari, N. (2015). Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Study Kasus SMK Batik 1 Surakarta). Jurnal INFORMA, 1(1), 29–36. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/anterior

Rahmansyah, A., Musdalifa, & Narro, W. (2020). Penerapan Manajemen Kesiswaan Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Pada Siswa SMAN 1 Madapangga Di Kabupaten Bima. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 18(2), 343–352.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Rosyadi, Y. I., & Pardjono, P. (2015). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smp 1 Cilawu Garut. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 124–133. https://doi.org/10.21831/amp.v3i1.6276

Rozalina, Fitria, H., & Rohana. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Banyuasin III. Journal of Education Research, 1(2), 165–176. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.17

Safithry, E. A., & Dewi, I. S. (2020). Terapi Menulis Ekspresif Untuk Menurunkan Tingkat Stres Akademik Siswa Di Sekolah Full Day School. JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING, 5(2), 40–47. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/suluh

Sahnan, M. (2017). Urgensi Perencanaan Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal PPkn Dan Hukum, 12(2), 142–159. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/4696

Sari, D. N. A., Bafadal, I., & Wiyono, B. B. (2018). Pelaksanaan Supervisi Manajerial Dalam Rangka Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 213–221. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p213

Satria, R., Supriyanto, A., Timan, A., & Adha, M. A. (2019). Peningkatan Mutu Sekolah melalui Manajemen Hubungan Masyarakat School Quality Improvement through Public Relationship Management. 7(September), 199–207.

Situmorang, S. (2018). Peningkatan Daya Layan Sekolah Dan. Jurnal Global Edukasi, I(6), 663–672. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/200

Sugiyono. (2014). Educational Research Methods Quantitative, Qualitative Approach and R&D. Alfabeta.

Sukaningtyas, D. (2017). Pengembangan Kapasitas Manajemen Sekolah dalam Membangun Pemahaman Visi dan Misi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 101–107. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.11844

Sunardi, Nugroho, P. J., & Setiawan. (2019). Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah. Equity in Education Journal, 1(1), 20–28.

Telupun, D. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Edutainment Untuk Memotivasi Siswa Selama Pembelajaran Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(6), 254–262.

Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Menengah Atas. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 61–68.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v1i3.26681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id