KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI KELAS V SD NEGERI SEBANI II DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Nimas Masyitha Nur Aini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana kemampuan literasi berhitung siswa kelas V SD Sebani II ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa siswa dan siswa yang belum memahami matematika dan belum terbiasa mengerjakan soal berupa pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subyek sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sebani II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan tes literasi berhitung dengan 2 soal. Analisis hasil yang diperoleh masih tergolong rendah dalam pemecahan masalah, hal ini disebabkan karena mereka tidak memahami masalah dan tidak terbiasa menyelesaikan masalah dalam bentuk pemecahan masalah


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v2i2.21266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id