MODEL LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN CYBER COUNSELING DALAM PERKEMBANGAN PEMILIHAN KARIER PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 5 SUNGAI LILIN

Risca Alvina Yuliani, Fifi Yasmi, Joni Adison

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi adanya peserta didik yang memilih karir yang tidak sesuai dengan minat dan bakat sehingga membuat mereka tidak bersemangat dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1)perkembangan pemilihan karir peserta didik kelas IX di SMP sebelum diberi perlakuan. 2) perkembangan karir setelah peserta didik kelas IX di SMP diberi perlakuan. 3) Pengaruh penggunaan model informasi dengan menggunakan media konseling cyber (google sites) terhadap perkembangan pemilihan peserta didik kelas IX di SMP Negeri 5 Sungai Lilin.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan menggunakan rancangan “Pretest Posttest Control Group Desain â€. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampel yang digunakan untuk penelitian ini yaitu menggunakan sampling purposive dengan 58 peseta didik yang dibagi dalam kelompok kontrol 29 peserta didik dan 29 peserta didik kelas eksperimen. Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan uji t.  Hasil penelitian ini menemukan: 1) Pada pre-tes sebelum diberi perlakuan layanan informasi rata-rata kelas eksperimen sebesar 58.59 dan pada kelas kontrol sebesar 59.09. 2) Setelah diberi perlakuan layanan informasi menggunakan media konseling cyber (google sites) kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang diperoleh 70,27 dan pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata yang diperoleh 59,64. 3) Terdapat pengaruh layanan positif informasi menggunakan mediakonseling cyber (google sites) terhadap perkembangan pemilihan karir siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Sungai Lilin. Penelitian ini direkomendasikan kepada Guru BK agar menggunakan media cyber konseling (google sites) untuk layanan informasi.

 

Studi di latar belakang adalah bahwa pelajar memilih jalur karir yang tidak diinginkan dan bakat yang membuat mereka enggan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) gambaran tentang bagaimana seleksi max-class carrier yang berkembang di SMP sebelum dirawat. 2) gambaran perkembangan seleksi karir pendidikan kelas VII SMP pasca perlakuan. 3) mempengaruhi penggunaan model layanan informasi dengan menggunakan cyber konseling (situs Google) terhadap perkembangan pemilihan karir kelas ix di SMP Negeri VII Lilin. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif yang digunakan dalam desain penelitian dengan menggunakan desain “pretest posttest control group designâ€. Teknik ekstraksi sampel MENGGUNAKAN sampel yang digunakan untuk penelitian menggunakan sampel prosthesis dengan 58 sampel yang dipelajari dibagi menjadi kelompok kontrol 29 siswa dan 29 siswa peserta kelas eksperimen. Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan uji-t. Hasil temuan: 1) pre-test sebelum perlakuan pelayanan informasi rata-rata 58,59 dan kelas kontrol 59. 2) setelah mendapat perlakuan layanan informasi menggunakan cyber konseling (situs Google) kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 70,27 dan pada kelas kontrol rata-rata skor yang diperoleh 59,64. 3) ada pengaruh positif layanan informasi menggunakan cyber konseling (situs Google) terhadap perkembangan pemilihan karir kelas ix di sekolah negeri 5 sungai lilin.

 


Full Text:

PDF

References


Ali Imron. 2011. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta:Bumi Aksara

Amundson, N. E., Harris, J. – Bowlsbey., Spencer G Niles. 2016. Elemen-Elemen Penting Dalam Konseling Karir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arief, .2017.Aplikasi Presensi Siswa Onlin Menggunakan Google Froms, Sheet, Sites, Awesome Table dan Gmail. Surabaya: Sntekpn V Iatas.

Arikunto, Suharsimi.2006. Prosuder Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran, Edisi 1. Jakarta: Raja Grafindo.

Aziz, T. N.2019. Startegi Pembelajaran Era Digitas In The Annual. Jurnal Conference on Islamic Education and Social Science. Vol 1 No 2.

Darmadi, Hamid. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Dekdiknas. 2003.Dapertemen Pendidikan Nasional Jakarta: Balai Pustaka.

Dea Dkk. 2017. Aplikasi CYCO (Cyber Counseling) Sebagai Salah Satu Alternatif Model Konseling di Sekolah. Jurnal Seminar Nasional BK FIP-UPGRIS.1(1) hal 162-168.

Gibson, R L; Mitchell, Marianne H. 2011. Bimbingan dan Konseling (Edisi Indonesia- Edisi ke Tujuh). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Miskiya, Lu’luatun.2014. Faktor Determinan Kemampuan Perencanaan Karier Siswa SMA Negeri Se-kabupaten Tegal. Jurnal Bimbingan dan Konseling.1 (1).

Nurita, Br Bangun & Abdul Hasan Saragih.2015. Pengembangan Media Web Bimbingan Konseling. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan. Vol. 2, No. 1.

Riduwan. 2005. Skala Pengukuran Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Setyawan Bambang. 2019. Pengembangan Media Google Sites Dalam Bimbingan Klasikal di SMAN 1 Sampung. Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri.Vol 6 no 2.

Sujarweni, V. Wiranta. 2012. Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono.2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriatna, M. 2009. Layanan Bimbingan Karir di Sekolah Menengah. Bandung: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia.

Taufik Dkk. 2018. Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis WEB Kepada Guru IPA SMP Kota Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat.Vol 2 no.1 hal 77-81.

Tohirin. 2013. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo.

Ulfa Rahma. 2011. Bimbingan Karir Siswa. Jogjakarta:Ar- Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v2i2.20303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id