KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA MATERI MENULIS PROCEDURE TEXT

Joko Pamuji Rahayu

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain one-shot case study. Tujuan penelitian adalah menyelidiki keefektifan menulis procedure text dalam pembelajaran Bahasa inggris melalui metode discovery learning siswa SMK N 3 kendal. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Kendal pada tahun ajaran 2020/2021. Sample pada penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 36 siswa. Pengambilan data melalui angket dan penilaian hasil tugas proyek Procedure Text dengan tema How to Make line Networking. Berdasarkan hasil penelitain dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan pemberian penugasan dalam bentuk procedure text menunjukakan hasil efektif pada siswa terhadap pencapaian KKM sebesar 72,0 kompetensi writing (menulis) bahasa Inggris pada siswa SMK N 3 Kendal

Keywords


Menulis Procedure text,metode Discovery Learning

Full Text:

PDF

References


Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Disekolah Dasar.

Jakarta: departemen pendidikan nasional dierktorat jendral pendidikan

tinggi direktorat ketenagaan.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra

Indonesia. Yogjakarta: BPFE.

H. Dalman, (2014). Keterampilan Menulis . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ali, Muhammad, 2000, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia , Jakarta : Sinar

Grafika

Kosasih, E. (2014) Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum

Bandung: Yrama Widya

Mahsun (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.

Bogor : Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v2i1.20252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id