UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN KOLABOARATIF DI SDN PENDRIKAN LOR 03 KOTA SEMARANG

Tutik Intarti

Abstract


Penelitian ini bertolak dari rendahnya hasil peserta didik di SD Negeri Pendrikan Lor 03, Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang. Hal ini terjadi karena peserta didik belum mencapai ketuntasan belajar yang terlihat dari hasil-hasil tes. Faktor-faktor penyebabnya di antaranya adalah dalam proses pembelajaran sebagian peserta didik kurang memiliki motivasi belajar atau daya serap peserta didik rendah. Di samping itu banyak peserta didik yang tidak mengerti apa yang disampaikan oleh guru yang disebabkan guru kurang dapat mengelola pembelajaran dan rendahnya kinerja guru. Permasalahan tersebut diharapkan dapat diatasi melalui pendampingan terhadap guru melalui supervisi Kepala sekolah dengan pendekatan kolaboratif, pelaksanaan proses belajar mengajar, sampai evaluasi. pendekatan kolaboratif dalam melaksanakan pengelolaan pengajaran, mulai dari perencana. Tujuan penelitian ini adalah terjadinya peningkatan kerja guru yang akan berimplikasi pada terjadinya peningkatan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini adalah dengan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian tindakan sekolah menyimpulkan bahwa supervisi akademik Kepala sekolah dengan pendekatan kolaboratifl memberikan pengaruh terhadap peningkatan kinerja guru SD Negeri Pendrikan Lor 03 Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang baik pada komponen perencanaan pembelajaran mapun komponen pelaksanaan pembelajaran.

Keywords


Kinerja guru, Supervisi, Kolaboratif

Full Text:

PDF

References


Bafadal, Ibrahim. 2004. Supervisi Pengajaran Teori dan Aplikasinya Dalam Membina Profesional Guru. Jakarta: Rineka Cipta.

Isjoni. 2007. Cooperatif Learning. Bandung: Alfabeta.

Kemmis, S. and R McTaggart, 1988. Action Research - some ideas from The Action Research Planner, Third edition, ed. Deakin University.

Mantja, W. 2002. Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Wineka Media.

Miftah. 2001 “Pembinaan Profesional Melalui Supervisi Pengajaran Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guruâ€. Semarang: LPMP.

Mulyasa, E. 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. Nata, N., & Kaleka, M. (2020). Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik dengan pendekatan Individual di SMP N 7 Nangapanda. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 4(1), hal. 1-8.

Pidarta, Made. 1992. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Purwanto, Ngalim. 2005. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rodakarya.

Sahartian, Piet A. dan Frans Mataheru. 1982. Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Sahertian, Piet. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam rangka Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudibyo, AP. 2007. “Upaya Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Individual Dengan Pendekatan Kolaboratif terhadap Guru Mata Pelajaran Ekonomi Pada SMA Negeri Sub Rayon IV Kota Semarangâ€. Semarang: LPMP.

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suparlan. 2006. Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat.

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suryasubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta. Jakarta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Yamin, Martinus. 2007. Profesionalisme Guru. Jakarta: gaung Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v2i1.20245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id