PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA ARAB BERBASIS JOYFULL LEARNING BAGI MAHASISWA NON PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

Resi Agustien

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengembangkan buku ajar bahasa Arab berbasis joyfull learning bagi mahasiswa nonprodi pendidikan bahasa Arab serta untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap desain buku ajar tersebut. Penelitian ini dilatarbelakangi input mahasiswa di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal yang bervariasi. Hal ini menjadi kendala bagi mereka dalam mengikuti perkuliahan bahasa Arab terutama bagi lulusan sekolah umum seperti SMA dan SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development dengan model pengembangan Borg and Gall. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa FITK IBN Tegal tahun akademik 2020/2021 dengan sampel 31 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih sebagai anggota sampel. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrument pengumpulan data menggunakan angket. Angket digunakan untuk mengumpulkan data-data kuantitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa ahli desain memberikan persentase skor terhadap desain buku ajar pada aspek materi sebesar 92% (sangat baik), aspek pembelajaran 97% (sangat baik), aspek tampilan 91% (sangat baik) dan aspek penyajian 94% (sangat baik). Respon mahasiswa terhadap desain buku ajar bahasa Arab berbasis joyfull learning bagi mahasiswa nonpendidikan bahasa Arab sangat baik dengan persentase skor sebesar 83%.

Keywords


Buku Ajar Bahasa Arab, Konsep Joyfull Learning, Pengembangan Buku Ajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim Al-Ushailiy, Abdul Aziz. 2011. Asasiyyat Ta`lim al-Lughah al-`Arabiyyah li an- Nathiqin bi Lughat Ukhra. Makkah: Universitas Ummul Qura.

Kasnun. 2014. Strategi Aktif Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab di STAIN Ponorogo. Ponorogo: Jurnal Cendekia Vo.13 No.1.

Muslich, Masnur. 2010. Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Pannen, P. 2006. Mengajar di Perguruan Tinggi: Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PAUPPAI, Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan. Yogyakarta: Alfabeta. Yunus, Fathi, dkk. 1984. Ta’lim al-Lughah al-‘arabiyah. Cairo: Dar al-Nahdah




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v2i1.20244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id