PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 SEMARANG

Cholisatun Cholisatun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 6 Semarang dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing dalam 4 tahap, yaitu: Perencanaan (Planning), Tindakan (Action), Pengamatan (Observation), dan Refleksi (Reflection). Hasil penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran PjBL pada materi pokok usaha dan energi dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X SMA N 6 Semarang. Siklus I memiliki nilai rata-rata pretest 42,58 dan rata-rata posttest 61,7 meningkat pada siklus II nilai posttest tertinggi yang dicapai yaitu rata-rata pretest 48,9 dan rata-rata posttest 82,5. Sedangkan selisih antara nilai rata-rata posttest dan pretest pada siklus I sebesar 19,12 poin dan siklus II sebesar 33,6 poin. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar fisika dari siklus I ke siklus II.

Keywords


Penelitian Tindakan Kelas, hasil belajar, Project Based Learning (PjBL)

Full Text:

PDF

References


Arikunto S, 2005, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Kusnandar . 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo

Wiseman, F.L. 1981. “The Teaching of College Chemistry: Role of Student Development Levelâ€. Journal of Chemical Education, 58(6) : 484-488.

Agung, Iskandar. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari. Buana Murni.

Abdul Gafur. 2001. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Cakici, Y. 2013 An Investigation of the Effect of Project-based Learning Approach on Children’s Achievement and Attitude in Science. The Online Journal of Science and Technology, 3 (1): 9-17.

Eeeva Reeder. 2007. The PBL Launch Pad: Worthwhile Projects for High School Students, Part 1. Diakses dari http://www.edutopia.org/designingworthwhile-pbl-project-high-school-students-part-1. Pada tanggal 17 Januari 2017, jam 19.30 WIB.

Muhammad Fathurrohman. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Supriono Koes H. 2003. Strategi Pembelajaran Fisika. Malang: UM Press.

Tamim & Michael M. G. Definitions and Uses: Case Study of Teachers Implementing Project-based Learning. Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning, 7 (2): 72-101.

Thomas, J. W. 2000. A Review of Research on Project-based Learning. Diakses dari laman http://www.bobpearlman.org/BestPractices/PBL_Research.pdf. pada 4 Maret 2020

Yudipurnawan. 2007. Pembelajaran Berbasis Proyek. Diakses dari http://yudipurnawan.wordpress.com/2007/11/17/pengenalan-pbl/. Pada 4 Maret 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v2i1.20238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id