Implementasi Blended Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Era Pandemi Berdasarkan Minat Belajar Siswa SMA Negeri 6 Semarang

ANJAR TRI ASTUTI

Abstract


Konsep pendidikan jarak jauh dengan menggunakan teknologi data serta komunikasi sejalan dengan pertumbuhan e- learning di Indonesia yang telah diadopsi oleh institusi pembelajaran Artikel bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi blended learning pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di era pandemi berdasarkan minat belajar siswa SMA Negeri 6 Semarang. Penelitian ini berjenis diskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket dengan pilihan jawaban diperbolehkan lebih dari satu opsi. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA 6 Semarang dan sampel penelitian menggunakan random sampling sebanyak 99 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan protokol kesehatan diterapkan dengan baik pada proses belajar tatap muka sedangkan persentase kemudahan penggunaan platform digital dalam proses belajar berdasarkan minat belajar siswa SMA Negeri 6 Semarang adalah whatsapp sebesar 73,3%, google meet sebesar 62,6%,  platform smansix e-learning sebesar 38,4%, Youtube sebesar 25,3%, dan Zoom sebesar 12,1%. Penelitian ini menampilkan implikasi sederhana acuan kegiatan dan pelaksanaan blended learning pada pembelajaran Pendidikan jasmani olah raga dan Kesehatan pada era pandemi.

Kata kunci : Blended learning, pandemic covid-19, PJOK


Full Text:

PDF

References


Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 298–303. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519

Darmawan, I. (2020). “Pembelajaran Pendidikan Jasmani Secara Tatap Muka Di Era New Normal.†Seminar & Conference Nasional Keolahragaan., 1, 189–194. http://conference.um.ac.id/index.php/fik/article/view/458/409

Divayana, D. G. H., Heryanda, K. K., & Suyasa, P. W. A. (2020). Pemberdayaan Pembelajaran Synchronous Dan Asynchronous Berbasis Nilai-Nilai Aneka Dalam Upaya Peningkatan Karakter Positif Siswa. Proceeding Senadimas Undiksha, 2016, 307–316.

Hakim, L. (2020). Pemilihan Platform Media Pembelajaran Online Pada Masa New Normal. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(2), 27. https://doi.org/10.31764/justek.v3i2.3516

Masykuri, N. M. (2020). Inovasi Blended Learning Pada Pembelajaran Pendidikan. Seminar Nasional Keolahragaan, 1–5.

Ndaru Kukuh Masgumelar, & Pinton Setya Mustafa. (2021). Pembelajaran Pendidikan Olahraga Berbasis Blended Learning Untuk Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 133–144. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1222

Rahmi, R. (2020). AL-TARBIYAH : JURNAL PENDIDIKAN ( The Educational Journal ) INOVASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19. 30(2), 111–123. https://doi.org/10.24235/ath.v

Ricky, E. N., Hudah, M., & Widiyatmoko, F. A. (2021). Pengembangan aplikasi pembelajaran pencak silat berbasis multimedia. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 10(1), 40–52. https://doi.org/10.36706/altius.v10i1.13990

Setiawan, R., Mardapi, D., Pratama, A., & Ramadan, S. (2019). Efektivitas blended learning dalam inovasi pendidikan era industri 4.0 pada mata kuliah teori tes klasik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 148–158. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27259

Swara, G. Y., Ambiyar, A., Fadhilah, F., & Syahril, S. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran matematika sebagai upaya mendukung proses pembelajaran blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 105–117. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.35028

Widiutama, P. A., Adi, I. P. P., & Semarayasa, I. K. (2021). Motivasi Peserta Didik Mengikuti Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(2), 71. https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.35433




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v2i1.19631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id