MANAJEMEN EPILEPSI PADA SISWA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN JENIS GANGGUAN KOGNITIF

Salma Salsabila Yusifa, Salva Nurul Baiety Sam

Abstract


Jumlah siswa pengidap epilepsi di Indonesia berdasarkan rekam medis pasien epilepsi rawat inap di RSUD Al-Ihsan pada tahun 2018-2019 yaitu 8,2 per 1000 penduduk dengan kejadian mencapai 50 per 100.000 penduduk Indonesia sebanyak 1, 8 juta penderita epilepsi memerlukan pengobatan. Sementara dampak epilepsi pada fungsi kognitif dapat membuat siswa kesulitan belajar serta menurunkan kualitas hidup dalam jangka waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen epilepsi pada siswa berdasarkan jenis gangguan kognitif yang dapat diimplementasikan oleh guru pada jenjang sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode narrative review. Pencarian literatur elektronik dilakukan untuk mengidentifikasi jurnal-jurnal yang sudah terbit dari tahun 2012 hingga 2021 yang membahas manajemen epilepsi di sekolah. Database elektronik yang digunakan adalah ScienceDirect, BMJ, Wiley, Nasen, Springer, Cambridge, dan BJPsych. Terdapat 10 jurnal penelitian yang sesuai dengan kriteria pada penelitian review ini. Berdasarkan hasil review jurnal penelitian bahwa manajemen epilepsi dengan gangguan kognitif dapat dilakukan rehabilitasi kognitif bukan untuk memulihkan seperti sediakala namun lebih kepada pencegahan kerusakan kognitif yang semakin parah. Epilepsi dapat menyebabkan penurunan fungsi kognitif, namun kerusakan kognitif yang lebih parah pada epilepsi dapat dicegah dengan melakukan berbagai aktivitas dan rehabilitasi kognitif. Manajemen epilepsi yang dapat dilakukan guru yaitu dengan pelatihan manajemen epilepsi oleh tenaga kesehatan ahli dan menyediakan buku pedoman manajemen epilepsi.Kata kunci: manajemen epilepsi, siswa SD, gangguan kognitif

Full Text:

PDF

References


Abulhamail, A. S., Al-Sulami, F. E., Alnouri, M. A., Mahrous, N. M., Joharji, D. G., Albogami, M. M., & Jan, M. M. (2014). Primary school teacher’s knowledge and attitudes toward children with epilepsy. Seizure, 23(4), 280–283. https://doi.org/10.1016/j.seizure.2013.12.010

Ainscow, M. (2016). Diversity and Equity: A Global Education Challenge. New Zealand Journal of Educational Studies, 51(2), 143–155. https://doi.org/10.1007/s40841-016-0056-x

Allendorfer, J. B., & Arida, R. M. (2018). Role of Physical Activity and Exercise in Alleviating Cognitive Impairment in People With Epilepsy. Clinical Therapeutics, 40(1), 26–34. https://doi.org/10.1016/j.clinthera.2017.12.004

Anderson, J., & Boyle, C. (2015). Inclusive education in Australia: Rhetoric, reality and the road ahead. Support for Learning, 30(1), 4–22. https://doi.org/10.1111/1467-9604.12074

Anggriana, T. M., & Trisnani, R. P. (2016). Kompetensi Guru Pendamping Siswa Abk Di Sekolah Dasar (Competency of Teacher Assistance for Special need Students in Elementary School). Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 157–164.

Billi, N., Santun, B.R., & Nurdjaman Nurimba. ( 2021 ). Gambaran Karakteristik Pasien Epilepsi di Rumah Sakit Al-Ihsan Tahun 2018-2019. Universitas Islam Bandung. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=epilepsi+di+Indonesia+Al+ihsan&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DSXojFbhSYUoJ

Brook, H. A., Hiltz, C. M., Kopplin, V. L., & Lindeke, L. L. (2015). Increasing Epilepsy Awareness in Schools: A Seizure Smart Schools Project. Journal of School Nursing, 31(4), 246–252. https://doi.org/10.1177/1059840514563761

Dudung, A. (2018). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02

Dumeier, H. K., Neininger, M. P., Bernhard, M. K., Syrbe, S., Merkenschlager, A., Zabel, J., … Bertsche, A. (2015). Knowledge and attitudes of school teachers, preschool teachers and students in teacher training about epilepsy and emergency management of seizures. Archives of Disease in Childhood, 100(9), 851–855. https://doi.org/10.1136/archdischild-2015-308306

Farina, E., Raglio, A., & Giovagnoli, A. R. (2015). Cognitive rehabilitation in epilepsy: An evidence-based review. Epilepsy Research. Elsevier. https://doi.org/10.1016/j.eplepsyres.2014.10.017

Ferlisi, M., & Shorvon, S. (2014). Seizure precipitants (triggering factors) in patients with epilepsy. Epilepsy and Behavior, 33, 101–105. https://doi.org/10.1016/j.yebeh.2014.02.019

Hart Barnett, J. E., & Gay, C. (2015). Accommodating Students with Epilepsy or Seizure Disorders: Effective Strategies for Teachers. Physical Disabilities: Education and Related Services, 34(1), 1–13. https://doi.org/10.14434/pders.v34i1.13258

Hartman, A. L., Devore, C. D. L., Kang, P. B., Gilbert, D., Gropman, A., Joshi, S., & Partap, S. (2016). Rescue medicine for epilepsy in education settings. Pediatrics, 137(1). https://doi.org/10.1542/peds.2015-3876

Hermann, B., Seidenberg, M., Sager, M., Carlsson, C., Gidal, B., Sheth, R., … Asthana, S. (2008, May). Growing old with epilepsy: The neglected issue of cognitive and brain health in aging and elder persons with chronic epilepsy. Epilepsia. https://doi.org/10.1111/j.1528-1167.2007.01435.x

Johnson, E. C., Atkinson, P., Muggeridge, A., Cross, J. H., & Reilly, C. (2021). Epilepsy in schools: Views on educational and therapeutic provision, understanding of epilepsy and seizure management. Epilepsy and Behavior, 122. https://doi.org/10.1016/j.yebeh.2021.108179

Kerr, M. P. (2012, December). The impact of epilepsy on patients’ lives. Acta Neurologica Scandinavica. https://doi.org/10.1111/ane.12014

Lukas, A., Harsono, H., & Astuti, A. (2016). GANGGUAN KOGNITIF PADA EPILEPSI. Berkala Ilmiah Kedokteran Duta Wacana, 1(2), 144. https://doi.org/10.21460/bikdw.v1i2.10

Mula, M., & Sander, J. W. (2016). Psychosocial aspects of epilepsy: a wider approach. BJPsych Open, 2(4), 270–274. https://doi.org/10.1192/bjpo.bp.115.002345

Nau, A. L., Mwape, K. E., Wiefek, J., Schmidt, K., Abatih, E., Dorny, P., … Blocher, J. (2018). Cognitive impairment and quality of life of people with epilepsy and neurocysticercosis in Zambia. Epilepsy and Behavior, 80, 354–359. https://doi.org/10.1016/j.yebeh.2017.10.042

Nur, A. C. (2017). Manajemen Epilepsi Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Khusus, 13 (2), 1–13. Journal.uny.ac.id

Okumura, A., Saitoh, S., Natsume, J., Yamamoto, H., Kurahashi, H., & Numoto, S. (2020). Attitudes of school teachers toward epilepsy in Nagoya, Japan. Epilepsy and Behavior, 103. https://doi.org/10.1016/j.yebeh.2019.06.005

Rusmono, D. O. (2020). Optimalisasi Pendidikan Inklusi di Sekolah: Literature Review. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 209–217. Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/2859/1621

Trinka, E., Kwan, P., Lee, B. I., & Dash, A. (2019, March 1). Epilepsy in Asia: Disease burden, management barriers, and challenges. Epilepsia. Blackwell Publishing Inc. https://doi.org/10.1111/epi.14458




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v2i1.19109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id