ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRIGONOMETRI BERDASAR PROSEDUR NEWMAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER

Antok Ferdiyanto, Imam Kusmaryono, Hevy Risqi Maharani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Tujuan penelitian untuk mengetahui persentase tingkat kesalahan siswa di tiap kriteria Newman ditinjau dari perspektif gender dan menemukan faktor-faktor yang menjadi penyebab pada segitiga siku-siku, siswa melakukan kesalahan saat menjawab soal perbandingan trigonometri pada prosedur Newman ditinjau dari perspektif gender. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian dan wawancara serta lembar observasi guna memvalidasi hasil tes uraian ketika wawancara berlangsung. Instrumen tes uraian berupa soal nilai perbandingan sudut trigonometri pada segitiga siku-siku. Analisis jawaban soal tes menggunakan prosedur Newman dengan memperhatikan kelima langkahnya yang terdiri dari kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan prosedur, kesalahan penulisan jawaban. Berdasarkan hasil analisis serta pembahasan kesimpulan bahwa dari 28 siswa kelas XI MIPA VI terdapat sebanyak 5 orang siswa laki-laki paling sering melakukan kesalahan pada kriteria kesalahan memahami, sedangkan syarat kesalahan penulisan jawaban adalah dimana 5 siswa perempuan melakukan kesalahan terbesar. Kesalahan laki-laki disebabkan karena terburu-buru dalam membaca soal sehingga ceroboh dalam pengerjaannya sedangkan kesalahan perempuan disebabkan kurang teliti yang menyebabkan penulisan hasil kurang kurang disederhanakan

Keywords


Analisis Kesalahan, Newman, Trigonometri, Gender

Full Text:

PDF

References


Aulingga, A., & Aripin, U. (2020). A Gendered Perspective on Junior High School Students’ Performance in Solving Proportion Word Problem Perspektif Gender Siswa SMP Pada Materi Perbandingan Menggunakan Soal Cerita. 4(1), 1–9.

Fitria, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidkan Tambusai, 786-792.

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Math Didactic, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47

Jamal, F. (2018). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pertidaksamaan Kuadrat Berdasarkan Prosedur Newman. Maju, 5(2), 41–51.

Kusmaryono. (2020). Keefektifan Pembelajaran Kontekstual Berorientasi Penemuan Berbantuan CD Pembelajaran dan LKS Pada Materi Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Majalah Ilmiah Sultan Agung, 1-18.

Ramli, & Prabawanto, S. (2020). Kesalahan dan Learning Obstacle Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematis berdasarkan Pemahaman Konsep Matematis. Journal for Research Mathematich Learning, 3(3), 233–246. http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/juring/article/view/9999

Saputri, R. R., Muritkusuma, R. P., Trapsilasiwi, D., & Yudianto, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau dari Perbedaan Gender Siswa SMP Kelas VIII. Kadikma, 59-68.

Septiyan, I., Anriani, N., & Hendrayana, A. (2020). Perbandingan Model Discovery Learning dan Blended Learning terhadap Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Journal of Medives, 4(2), 359–374.

Setiani, L. I. N., Vahlia, I., Farida, N., & Suryadinata, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri Berdasarkan Teori Newman Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(2), 89–99. https://doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp89-99

Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V Sdn Pengawu. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2), 129–144. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3760


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Sultan Agung




JURNAL PENDIDIKAN SULTAN AGUNG has been indexed by: