IDENTIFIKASI KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL INDUKSI MATEMATIKA DENGAN TEKNIK ANALISIS MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK

Puji Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal materi Induksi Matematika. Hal ini dimaksudkan agar guru lebih memahami dimana letak kesalahan pesrta didik dan faktor penyebabnya, sehingga guru dapat melakukan suatu upaya untuk mengatasi masalah tersebut melalui perbaikan proses pembelajaran. Tes berbentuk soal uraian sebanyak 7 soal. Sampel penelitian diambil 7 peserta didik dari 36 peserta didik yang terdiri dari 2 peserta didik kelompok atas, 2 peserta didik kelompok tengah, dan 2 pesrta didik kelompok bawah. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi serta kesimpulan. Hasil verifikasi data diperoleh bahwa kesalahan terbanyak yang dilakukan pesrta didik dalam menyelesaikan soal Induksi Matematika adalah kesalahan karena masalah hirarki keterampilan dan kesimpulan yang hilang. Prosentase tingkat kesalahan yang terjadi di kelompok atas yaitu 7 % dengan kriteria tingkat kesalahan sangat rendah, tingkat kesalahan pada kelompok tengah yaitu 23 % dengan kriteria tingkat kesalahan sedang, dan tingkat kesalahan pada kelompok bawah yaitu 52 % termasuk dalam kriteria tingkat kesalahan tinggi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah tingkat kesalahan pesrta didik dalam menyelesaikan soal-soal Induksi Matematika, pada tiap kelompok berbeda sesuai dengan tingkat prestasinya. Peserta didik kelompok atas cenderung memiliki tingkat kesalahan yang kecil/sedikit dikarenakan faktor kurang teliti dalam menyelesaikan soal. Kelompok tengah memiliki tingkat kesalahan yang cukup dan dikarenakan tidak tepat dalam memilih prosedur penyelesaiannya serta pada tahap kesimpulaan hilang atau tidak ditulis dengan jelas. Kelompok bawah memiliki tingkat kesalahan yang tinggi dikarenakan faktor pemahaman konsep pada operasi aljabar yang masih belum dikuasai. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal Induksi Matematika adalah memberikan layanan pembelajaran remedial dan tes ulang.


Keywords


Analisis, Kesalahan, Upaya Mengatasi, Induksi Matematika

Full Text:

PDF

References


Anni, Chtharina Tri, dkk. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Arifin, Zaenal. 1991. Evaluasi Instruksional Prinsip- Tehnik Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. “Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jakarta.

Mudjijo. 1995. Tes Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung: LPI

Subino. 1987. Konstruksi dan Analisis Tes (suatu Pengantar kepada Teori Tes dan pengukuran). Jakarta: dirjan Dikti Proyek Pengembangan Lembaga pendidikan Tenaga Kependidikan.

Rosita, Adelyna. 2007. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Semarang dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Lingkaran Dengan Panduan Kriteria Watson. UNNES. Skripsi

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Sultan Agung




JURNAL PENDIDIKAN SULTAN AGUNG has been indexed by: