PENINGKATAN CAPAIAN KOMPETENSI SISWA MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTUAN SOFTWARE CAM-BRAKE

Siti Istijabatun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui capaian kompetensi siswa setelah menggunakan video pembelajaran berbantuan software cam-brake. Media video dipilih karena merupakan media yang cocok digunakan pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Ada banyak software editor video yang dapat digunakan, namun dalam penelitian ini menggunakan camtasia editor video karena guru bisa menjelaskan materi yang terekam langsung melalui camera video sekaligus menjalankan pointer untuk poin-poin materi yang akan ditekankan. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experiment design dengan desain one group pre tes–post tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis penelitian terbukti yaitu penggunaan video pembelajaran berbantuan software cam-brake dapat meningkatkan capaian kompetensi pada materi sel volta pada siswa kelas XII MIPA 4 SMA Negeri 1 Pegandon tahun pelajaran 2020/2021, yaitu sebanyak 31 siswa dari 36 siswa mencapai KKM. Lebih dari 50% siswa merespon positif terhadap pembelajaran, yaitu 8 siswa merespon sangat baik, 15 siswa merespon baik, sedangkan 13 siswa lainnya memberikan respon cukup. Hasil wawancara menunjukkan siswa lebih senang dan tidak bosan mengikuti pembelajaran

Keywords


video pembelajaran, Camtasia, hand brake, sel volta

Full Text:

PDF

References


Ariaji, Rizky, dkk. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Kimia SMA/MA Menggunakan Camtasia Studio 8. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pengembangan MIPA. 2020, 5(1): 55-64.

Atika, D., Nuswowati, M., & Nurhayati, S. (2018). Pengaruh Metode Discovery Learning Berbantuan Video terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2): 2149-2158

Bachtiar S. Bachri. 2010. Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal teknologi pendidikan Univ Negeri Surabaya, vol. 10 No. 1, April 2010 hlm. 46-62

Firman F, Rahayu S. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesia J EducSci. 2020;2(2):81–9.

Hakim, Ibnu, Chandra, dkk. (2017). Pemanfaatan Video Tutorial dengan Camtasia untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta didik dalam Pembelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak pada Peserta didik Kelas X TGB B di SMK Negeri 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Indonesian Journal of Civil Engineering Education, vol 3, No 2: 1-16.

Hiskia Ahmad. 2001.Elektrokimia dan Kinetika Kimia. Bandung: PT. Citra Aditya Abadi.

M. Iskandar, dkk.2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Camtasia Studio Video Cd Interaktif Multimedia Untuk Mata Pelajaran Pemrograman Web Di Jurusan Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Vol. 6 No. 1,

Mustakim. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2 (01), 1-12

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v1i3.17658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Sultan Agung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id