KEEFEKTIFAN MODEL PELATIHAN TEACHER TEAM COLLABORATION TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI TIK GURU SMA DI KOTA SEMARANG

Joko Sulistiyono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keefektifan model manajemen pelatihan Teacher Team Collaboration untuk meningkatkan kompetensi TIK guru SMA di Kota Semarang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kombinasi kuantitatif dan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data secara wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Uji coba model pelatihan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif. Teknik analisis kuantitatif dengan deskripsi kuantitatif untuk mengetahui kualitas pelaksanaan pelatihan dan untuk mengetahui keefektifan model dengan analisis statistik kuantitatif, yaitu uji t. Dari hasil analisis dengan uji t ini berarti terdapat perubahan atau peningkatan kemampuan peserta setelah diberikan pelatihan, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan dengan model Teacher Team Collaboration efektif meningkatkan kompetensi TIK guru SMA di Kota Semarang.


Keywords


Model Manajemen Pelatihan, Teacher Team Collaboration, Kompetensi TIK.

Full Text:

PDF

References


Daniel Muijs, Mel Ainscow, Chris Chapman dan Mel West. (2011). Collaboration and Networking in Education. Springer Dordrecht Heidelberg London New York.

Gaffar, M., Nurdin, D. (2008). Manajemen Pendidikan. Bandung: Pedagogiana Press.

Joko Widodo, Masrukan, Kasir Santoso. (2015). Pengembangan Model Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Partisipatif Integratif Kolaboratif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Fisika SMA. Educational Management, Vol. 4 No. 2.

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman.

Mujiman, H. (2019). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v1i2.15622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Sultan Agung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id