KEAKURATAN MATERI TEKS ANEKDOT DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMA KELAS X

PUTRI OCVTAVIANI, LAILI ETIKA RAHMAWATI

Abstract


Abstrak
Masalah yang diuji dalam penelitian ini adalah keakuratan materi dalam buku teks bahasa Indonesia SMA kelas X Kurikulum 2013. Banyaknya buku teks yang ada sekarang ini, membuat guru dapat memilih buku ajar sebagai salah satu bahan ajar yang digunakan oleh guru. Dan kemudahan itu sering menjadi pilihan yang kurang tepat. Pada saat ini banyak ditemukan materi yang tidak sesuai dan kurang mendukung tercapainya kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keakuratan materi dalam buku teks bahasa Indonesia SMA kelas X Kurikulum 2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keakuratan materi buku teks Bahasa Indonesia SMA kelas X kurikulum 2013 terbitan Erlangga dapat dikatakan cukup memenuhi syarat aspek keakuratan materi buku teks menurut standar kelayakan isi BNSP. Beberapa kekurangan yang ditemukan dalam buku teks ini antara lain: (1) belum menyajikan “Peta Kompetensi†yang mengandung prinsip-prinsip yang digunakan siswa sebagai acuan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan memahami materi pada masing-masing bab agar materi yang disampaikan dapat terstruktur dengan baik. (2) penyajian contoh yang kurang relevan yang berkaitan dengan karakteristik latar belakang dan status sosial, adanya unsur sara, dan tidak sesuai kebutuhan.
Kata Kunci: buku teks, keakuratan materi, kurikulum 2013.

Abstract
The problem tested in this study is the accuracy of the material in Indosnesia high school textbooks ini class X Curriculum 2013. The number of textbooks available today makes teachers able to choose textbooks as one of the teaching materials used by teachers. And convenience is often the wrong choice. At this time there are many material that are not suitable and do not support the achievement of the competencies specified in the curriculum. This research is included in qualitative research. The research method in this study used a qualitatuve descriptive method. The purpose of this study is to describe the accuracy of the material in Indonesian high school textbooks in class X 2013 curriculum. The results of this study indicate that the accuracy of Indonesian textbooks high school class X 2013 curriculum published by Erlangga can adequately meet the requirements of the accuracy of the textbooks content of BNSP. Some of the shortcomings found in this textbook include: (1) it has not presented a “Competency Map†which contains the principles students use as a reference to achieve learning objectives and understand the material in each chapter so that the material delivered can be well structured. (2) the presentation of less relevant examples relating to the characteristics of background and social status, the existence of elements of sara, and not as needed.
Keywords: textbooks, material accuracy, 2013 curriculum.


Keywords


textbooks; material accuracy; 2013 curriculum

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/j.7.2.149-169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia.