METODE PEMBELAJARAN TEAM-BASED LEARNING BERBASIS AI PEMBELAJARAN MENDONGENG
Abstract
Artikel ini membahas pentingnya pembentukan kelompok berbasis kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran mendongeng untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia guna membentuk karakter siswa. Mendongeng dijadikan metode untuk menanamkan kebiasaan baik secara berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggambarkan hasil pembelajaran melalui analisis data dari berbagai jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan kelompok berbasis AI memastikan distribusi gaya belajar yang seimbang, seperti visual, auditori, dan kinestetik, sehingga menciptakan kolaborasi yang efektif. Kelompok yang dibentuk dengan AI mendukung keterlibatan siswa secara aktif dalam memahami nilai-nilai moral dari dongeng, serta membangun karakter seperti empati, kedisiplinan, dan kerja sama. Simpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa AI merupakan solusi efektif dalam pembentukan kelompok belajar yang merata, meskipun tantangan akses teknologi dan keterbatasan perangkat masih perlu diatasi.
This article discusses the importance of forming artificial intelligence (AI)-based groups in learning storytelling for Indonesian language subjects in order to shape student character. Storytelling is used as a method to instill good habits on an ongoing basis. This research uses a descriptive qualitative approach to describe learning outcomes through data analysis from various journals. The research results show that AI-based group formation ensures a balanced distribution of learning styles, such as visual, auditory, and kinesthetic, thereby creating effective collaboration. Groups formed with AI support active student involvement in understanding the moral values of fairy tales, as well as building characters such as empathy, discipline and cooperation. The conclusion of this research confirms that AI is an effective solution in forming equitable learning groups, although the challenges of technology access and device limitations still need to be overcome.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustina, N., & Supardi, U. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII SMAN 1 Cibitung pada Pokok Bahasan Statistika dengan Model Pembelajaran Team Based Learning (Tbl). Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 4(4), 161-168. https://doi.org/10.51878/secondary.v4i3.3508
Amalia, A., Fahmy, A. F. R., Sari, N. H. M., Nugroho, D. A., Prabowo, D. S., Pujiono, I. P., ... & Syukron, A. A. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence (AI) di Sekolah. Pekalongan: Penerbit NEM.
Arly, A., Dwi, N., & Andini, R. (2023). Implementasi Penggunaan Artificial Intelligence dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Kelas A. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 2, pp. 362-374).
Damayanti, M. U. (2021). Permasalahan dan Solusi untuk meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru. Scholaria Jurnal Pendidikan dan Kebudayaa, 123-132.
Famoso, J. M. G. (2021). Sama Culture and Folk Narratives Structures. Southeastern Philippines Journal of Research and Development, 26(2), 83-96. https://ssrn.com/abstract=4051295 or http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.4051295
Habsari, Z. (2017). Dongeng sebagai Pembentuk Karakter Anak. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 21-29.
Islamarida, R. (2019). Team Based Learning (TBL) dalam Peningkatan Pengetahuan, Hasil Belajar dan Kerjasama: Literature Review. Jurnal EDUNursing, 3(1), 12-18.
Jayawardana, H. B. A., & Sugiarto, M. A. (2023). Potensi Penerapan Pembelajaran Berbasis AI (Artificial Intelligence) di PAUD. JECIE (Journal Of Early Childhood And Inclusive Education), 7(1), 251-255. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1515
Kurniawati, A. B. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 11(3), 271-279. https://doi.org/10.20961/kc.v11i3.77193
Kusuma, Y. I., Rahayu, G. R., & Shitarukmi, S. (2017). Intergrating Problem-Based Learning and Team-Based Learning (PITBL) in Nursing Students: A Pilot study. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 6(3), 171-184.
Nasir, R. (2022). Refleksi Penilaian Kontribusi pada Team-Based Project secara Daring. Aksioma, 11(1), 48-56. https://doi.org/10.22487/aksioma.v11i1.1905
Prijanto, J. H., & De Kock, F. (2021). Peran Guru dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238-251. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4318
Purwani, R., & Mustikasari, D. (2024). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal sebagai Media untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar melalui Dongeng. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 12(1), 40-50. http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.12.1.40-50
Putra, D. S., Huda, F. S., Guntoro, Y. T., & Fahira, A. (2023). Pengembangan Karakter Bangsa pada Anak melalui Budaya Mendongeng guna Mewujudkan Sustainable Development Goals Nomor 4. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 7(2), 131-139. https://doi.org/10.52250/p3m.v7i2.626
Rosid, A. (2021). Nilai-Nilai dalam Sastra Anak sebagai Sarana Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1), 7-10. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.10508
Runtuwene, M. R., Lombogia, S. O., Lengkong, J. P., Sendow, G. M., Warongan, J. D., & Paturusi, S. D. (2021). Workshop Metode Pembelajaran Pemecahan Kasus (Case Method) dan Pembelajaran Kelompok Berbasis Proyek (Team-Based Project) di Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Lentera-Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 22-25.
Salim, K., Sari, M. P., Islam, J. M. P., & Riau, S. A. K. (2014). Pengaruh Globalisasi terhadap Dunia Pendidikan. Makalah Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, STAI Abdurahman Kepulauan Riau. Page, 1-11.
Setyaningtyas, E. W. (2019). Potensi Metode 1: 4: P: C: R untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 111-121. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p111-121
Syairozi, M. I. (2019). Pengungkapan CSR pada Perusahaan Manufaktur dan Perbankan. Magelang: Tidar Media.
Widayanti, E. R., & Slameto, S. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Dadu terhadap Hasil Belajar IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 182-195. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p182-195
Winarni, R. (2014). Kajian Sastra Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Winatha, K. R., & Setiawan, I. M. D. (2020). Pengaruh Game-Based Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 198-206. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p198-206
Yahya, M., Hidayat, & Wahyudi. (2023). Implementasi Artificial Intelligence (AI) di Bidang Pendidikan Kejuruan pada Era Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Dies Natalis 62 (Vol. 1, pp. 190-199).
Zulfitria, Z., Dewi, H. I., & Khanza, M. (2020). Penerapan Pembelajaran Dongeng dalam Membentuk Karakter Siswa. Instruksional, 2(1), 56-63. https://doi.org/10.24853/instruksional.2.1.56-63
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.12.2.88-94
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).