KESULITAN PENUTUR ASING ARAB DALAM MEMPELAJARI BAHASA INDONESIA

Fayza Maulidia, Febri Nur Zakiyah, Syihabuddin Syihabuddin

Abstract


Pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing Arab seringkali dihadapkan dengan berbagai macam kesulitan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi oleh penutur asing Arab dalam mempelajari bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan melibatkan mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebagai subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa kesulitan penutur asing Arab dalam mempelajari bahasa Indonesia dapat disebabkan oleh beberapa faktor: 1)keberagaman bahasa yang ada di Indonesia, 2)perbedaan struktur gramatikal, 3)perbedaan kosakata, dan 4)perbedaan cara pengucapan antara bahasa Arab dan bahasa Indonesia mempengaruhi kesulitan penutur asing Arab dalam mempelajari bahasa Indonesia. Dengan demikian, dalam mempelajari bahasa kedua membutuhkan strategi pembelajaran yang tepat dan lingkungan yang mendukung, agar memudahkan penutur asing dalam mempelajari bahasa kedua. 

The learning of the Indonesian language for Arabic-speaking foreigners often faces various challenges. The aim of this study is to analyze the difficulties faced by Arabic-speaking foreigners in learning Indonesian. This research uses a qualitative case study method with data collection techniques through interviews involving students from UIN Sunan Gunung Djati Bandung as research subjects. The results of this study reveal that the difficulties faced by Arabic-speaking foreigners in learning Indonesian can be attributed to several factors: 1)the diversity of languages in Indonesia, 2)grammatical structure differences, 3)vocabulary differences, and 4)pronunciation differences between Arabic and Indonesian. Therefore, learning a second language requires appropriate learning strategies and a supportive environment to facilitate foreigners in learning the second language.


Keywords


Kesulitan, Penutur Asing Arab, Bahasa Indonesia

References


Adityarini, I. A. P., Pastika, I. W., & Sedeng, I. N. (2020). Interferensi Fonologi pada Pembelajar BIPA Asal Eropa di Bali. Aksara, 32(1), 167–186. https://doi.org/10.29255/aksara.v32i1.409.167-186

Aprilyansyah, A. (2018). Upaya Indonesia dalam Menjadikan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Internasional di Asia Tenggara. Global Political Studies Journal, 2(2), 88–100. https://doi.org/10.34010/gpsjournal.v2i2.2025

Azizah, A. R. (2019). Penggunaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Gaul di Kalangan Remaja. Jurnal SKRIPTA: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 33–39. https://doi.org/10.31316/skripta.v5i2.424

Dewi, M. Y., Sudaryat, Y., & Kuswari, U. (2020). Perbandingan Kata Bahasa Sunda dan Bahasa Arab (Tinjauan Struktur dan Semantik). Seminar Internasional Riksa Bahasa XII, 2(1), 629–634. http://proceedings2.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/922

Ilham, K. N. (2014). Peranan Metode Muhadasah dalam Pembelajaran Bahasa Arab guna Peningkatan Keberhasilan Siswa Kelas XI MA Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu Lowokwaru Malang. Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi, dan Pemikiran Hukum Islam, VI(1), 126–139.

Nurhayati, Suib, M., & Fatoni. (2022). Esensi dan Sebab Kesulitan Berbahasa Arab serta Penanganannya dalam Dunia Pendidikan. Ta’Limuna: Jurnal Pendidikan, 1(1), 84–91.

Purbarani, E., Muliastuti, L., & Farah, S. (2021). Pengembangan Model Materi A. Basa, 1(2), 50–60.

Rohayati, E. (2019). Analisis Kontrastif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Taqdir, 4(2), 105–117. https://doi.org/10.19109/taqdir.v4i2.3126

S.N., A. (2015). Pengembangan Program Profesionalisme Dosen Pengajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Asean. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 19–25.

Saidah, & Tawakkal. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa Arab dan Implikasinya pada Makna. AJIE: Al-Sazali Journal of Islamic Education, 1(1), 59–72.

Sambas, C. M., Napitupulu, M. F., & Syaputra, E. (2022). Bahasa Indonesia Penutur Asing sebagai Upaya Internasionalisasi Universitas di Indonesia. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 103–108. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2388

Sobri, A., Syahvini, S. N., Rizqa, R. F., Padilah, S., Athallah, M. R., & Fadila, N. (2024). Perbedaan Penerjemahan Gramatikal Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia. Jurnal Edukasi, 1(3), 316–324. https://doi.org/10.60132/edu.v1i3.184

Suin, & Istanti, W. (2019). Keefektifan Metode Praktik Langsung dan Metode Audiolingual dalam Pembelajaran BIPA Aspek Berbicara bagi Pemelajar BIPA 4 UNNES. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (JPBSI), 8(2), 120–126.

Ulumuddin, A. &Wismanto, A. (2014). Bahan Ajar Bahasa Indonesia Ranah Sosial Budaya bagi Penutur Asing (BIPA). Jurnal Sasindo, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.26877/sasindo.v2i1%20Januari.917

Utama, A. W., Rohim, F. N., Tiranita, G., Prihartanti, N., & Saddhono, K. (2024). Inovasi dalam Pembelajaran BIPA: Pemanfaatan Dodol Garut sebagai Pengajaran Kuliner yang Menarik. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 12(1), 20. https://doi.org/10.30659/jpbi.12.1.20-31

Wijaya, D. (2021). Interferensi Bahasa Asing terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia pada Media Luar Ruang di Kota Curup, Kabupaten Rejanglebong. Jurnal BATRA, 7(1), 62–71.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.12.2.114-121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia in collaboration with Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).