ANALISIS KEBUTUHAN GURU DAN SISWA TERHADAP MEDIA BENEDA BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK KETERAMPILAN MENULIS SURAT PENAWARAN KELAS X DI KABUPATEN PATI

Dina Zahrotun Nimah, Aida Azizah, Oktarina Puspita Wardani, Turahmat Turahmat

Abstract


Pembelajaran saat ini perlu didukung oleh media pembelajaran yang seuai dengan kebutuhan guru dan siswa karena tujuan dari media pembelajaran ialah unttuk memudahkan guru mengajar dan menyampaikan materi serta memudahkan siswa memahami materi tersebut. Pendidikan di Indonesia saat ini menggunakan kurikulum merdeka sehingga pembelajaran harus memuat dimensi profil pelajar Pancasila. Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan guru dan siswa menegani media pembelaajran Beneda (Belajar Negosiasi dengan Animasi) bermuatan profil pelajar pancasila untuk keterampilan menulis surat penawaran. Media Beneda merupakan media digitas nteraktif yang dibuat khusus untuk materi negosiasi dan surat penawaran. Menggnakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara, pengambilan angket kebutuhan, dan dokumentasi. Mengguankan instrumen berupa pedoman observasi dan wawancara serta angket kebutuhan guru dan siswa. Sehingga diperoleh hasil penelitian dari analisis kebutuhan tiga guru Bahasa Indonesia dan sejumlah 97 siswa di MA Negeri 2 Pati, SMA Negeri 1 Tayu, dan SMK Cordova Margoyoso yaitu sangat dibutuhkan terhadap media pembelajaran digital interaktif berbasis audio visual, berisi materi yang lengkap dengan contoh dan kuis-kuis, menggunakan animasi yang menarik, dan tidak bergantung pada jaringan.

Keywords


Media, Profil Pelajar Pancasila, Keterampilan Menulis, Surat Penawaran, Kelas X

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.11.1.11-20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia.