IDEOLOGI MASYARAKAT BETAWI DALAM NOVEL KRONIK BETAWI KARYA RATIH KUMALA

Setia Naka Andrian, Ahmad Rifai

Abstract


Pada penelitian ini dilakukan telaah dalam novel Kronik Betawi yang mengisahkan beragam cerita menarik yang merupakan potret kehidupan masyarakat Betawi. Dalam novel telah disebutkan bahwa ideologi hampir sama dengan keyakinan agama. Bedanya hanya pada kenyataan bahwa ideologi mampu dipindahkan, ditransmit melalui pendidikan, ajaran dan latihan tanpa melibatkan unsur rohani di dalamnya. Dalam hal ini kekuatan ideologi merupakan suatu sistem kepercayaan umum yang secara langsung memotivasi dan membenarkan segala hal yang diyakininya, karena ideologi sangat erat kaitannya dengan agama. Ideologi masyarakat Betawi yang mampu menunjukkan kekuatannya untuk menjadikan dirinya dan orang di sekitarnya untuk menemukan hidup kearah lebih baik. Masalah yang diteliti adalah bagaimana ideologi masyarakat Betawi dalam novel Kronik Betawi. Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologis dengan menggunakan kajian hermeneutika. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap novel telah diuraikan mengenai ideologi masyarakat Betawi dalam hal mempertahankan kebudayaan. Hal tersebut ditunjukkan melalui keinginannya untuk selalu meyakini bahwa kebudayaan merupakan hal penting yang menjadi ciri khas dari sebuah dasar hidup keutuhan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Selain itu, sesama masyarakat Betawi, mereka saling membela diri dan menyelamatkan orang-orang yang membutuhkan pertolongan.


Keywords


ideologi; masyarakat Betawi



DOI: http://dx.doi.org/10.30659/j.6.1.75-89

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia.