KEEFEKTIFAN MODEL BERPIKIR INDUKTIF DAN MODEL SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MENULIS FABEL

Lina Handayani, Evi Chamalah, Leli Nisfi Setiana

Abstract


Keterampilan menulis fabel merupakan salah satu pembelajaran di kelas VII SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang. Berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti, diketahui bahwa pembelajaran menulis fabel dapat dikatakan masih rendah. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan model Berpikir Induktif dan model Saintifik pada pembelajaran menulis fabel. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk
mengetahui perbedaan keterampilan menulis antara kelompok yang menggunaan model Berpikir Induktif dan model Saintifik, (2) untuk mengetahui tingkat keefektifan penggunaan model Berpikir Induktif dan model Saintifik, serta (3) untuk mengetahui perubahan sikap sesudah menggunakan model Berpikir Induktif dan model Saintifik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain posttest only-control group. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelompok eksperimen I, kelas VII B sebagai eksperimen II, dan kelas VII C sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan keterampilan menulis fabel kelompok eksperimen I dan kelompok eksperimen II. Perbedaan tersebut ditunjukkan dari hasil analisis uji-t data postes kelompok eksperimen I dan kelompok eksperimen II yang menunjukkan 0,588 >0,05 dan 0,600> 0,05. Selanjunya, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa model Berpikir Induktif lebih efektif dibandingkan dengan model Saintifik. Hal ini dapat dilihat dari selisih nilai rata-rata pada saat postes berlangsung yaitu 80,26 dan 79,09 yang berselisih 1,17. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa adanya perubahan sikap siswa sesudah menggunakan model Berpikir Induktif dan model Saintifik. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil uji-t sebesar 0,550>0,05
dan 0, 541>0,05.


Keywords


menulis fabel; model berpikir induktif; model saintifik



DOI: http://dx.doi.org/10.30659/j.6.1.32-41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia.