KESANTUNAN BERBAHASA PADA TRANSAKSI ONLINE SHOP ALYA HIJAB BY NAJA

Jamilatus Sa'adah, Aida Azizah, Oktarina Puspita Wardani

Abstract


Kesantunan berbahasa merupakan tatanan kesopanan berbahasa yang harus dimiliki manusia. Berbahasa yang santun akan memberikan efek baik bagi pemakainya. Efek baik dari kesantunan berbahasa digunakan para penjual dan pembeli salah satunya di online shop Alya Hjab by Naja pada saat melakukan transaksi. Penjual dan pembeli ketika melakukan transaksi jual beli di online shop Alya Hjab by Naja menggunakan bahasa yang santun sehingga kesepakatan keduanya berjalan dengan lancar. Berkaitan dengan hal tersebut permasalahan pada penelitian ini yaitu tentang terjadinya pematuhan kesantunan berbahasa pada transakasi online shop Alya Hijab by Naja. Tujuan dari penelitian ini untuk menambah pengetahuan tentang penelitian kesantunan berbahasa pada transaksi online shop Alya Hijab by Naja bagi pembaca dan mampu memberikan pandangan bagi masyarakat yang berkaitan dengan kesantunan dalam transaksi jual beli pada media online shop agar masyarakat
selektif dalam melakukan transaksi online shop. Selain itu, juga dapat memberikan kontribusi bagi penjual online shop dalam memahami pematuhan dalam transaksi jual beli online shop. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif yang bertujuan untuk mendeskipsikan dan menganalisis sebuah gambaran pada fenomena pristiwa di masyarakat. Data dalam analisis peneliti yaitu kata, kalimat, frasa, dan wacana. Sumber data yang digunakan peneliti yaitu berupa tuturan dialog transaksi penjual dan pembeli di online shop Alya Hijab by Naja pada bulan Agustus-Desember 2017. Hasil analisis bahwa terjadinya pematuhan kesantunan berbahasa terdapat maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim kesepakatan, dan maksim simpati.


Keywords


kesantunan berbahasa; transaksi; online shop



DOI: http://dx.doi.org/10.30659/j.6.1.10-25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia.