NILAI MORAL PADA CERPEN RINDU KAMI BERTEMU DI TAHAJUD KARYA ASMA NADIA DENGAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS XI SMA PGRI DEMAK TAHUN AJARAN 2017

Rikha Rikha Rohma, Evi Chamalah, Turahmat Turahmat

Abstract


Nilai-nilai dalam cerpen dapat berupa moral, nilai pendidikan, nilai sosial dan nilai budaya. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik terbuka terhadap unsur ekstrensik dan intrinsik dalam cerpen. Dalam pembelajaran sastra materi harus sesuai dengan kompetensi dasar dan standar kompetensi agar siswa dapat menganalisis unsur-unsur yang terdapat dalam cerpen. Oleh karena itu, pengajaran sastra dapat juga memberikan pengetahuan baru bagi siswa khususnya dalam hal sosial. Karena dengan sastra dapat menciptakan individu-individu yang lebih berkepribadian dan cerdas. Penggunaan metode pembelajaran dalam mengajarkan sebuah karya sastra juga berpengaruh terhadap minat siswa dalam mengikuti pelajaran. Salah satunya dengan menggunakan metode pengajaran sastra yaitu metode inkuiri. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa metode inkuiri dapat meningkatkan pembelajaran nilai moral kumpulan cerpen Catatan Hati Ibunda pada siswa kelas XI SMA PGRI Demak. Peningkatan pembelajaran nilai moral dapat dilihat dari hasil tes prasilus, siklus I, siklus II, dan siklus III. Nilai rata-rata siswa pada prasiklus mencapai 60,6 dengan kategori kurang. Pada siklus I nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 73,1 atau dalam kategori cukup. Nilai rata-rata siswa tindakan siklus II mengalami peningkatan mencapai 82,5 dan siklus III nilai rata-rata kumulatif mengalami peningkatan mencapai 83,75. Perilaku siswa dalam prasiklus, siklus I, siklus II, dan siklus III mengalami perubahan yang lebih baik. Dari prasiklus siswa yang awalnya kurang berminat dalam pembelajaran nilai moral pada siklus I, II dan, III menjadi berminat. Pada prasiklus banyak siswa yang gaduh dengan berbicara sendiri dengan temannya menjadi berkurang di siklus I, II, dan III.

Kata Kunci: Nilai Moral, Metode Inkuiri

 


Keywords


nilai moral, metode inkuiri



DOI: http://dx.doi.org/10.30659/j.6.2.172-186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia.