PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA KARTU GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 GENENG JEPARA

Titik Purwanti

Abstract


Keterampilan siswa untuk menulis masih terbatas, terlebih lagi untuk dapat
menulis paragraf deskripsi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain
pemahaman siswa terhadap keterampilan menulis masih kurang, siswa kurang bisa membedakan antara karangan deskripsi dan narasi. Siswa tidak senang dengan pembelajaran menulis paragraf deskripsi yang monoton dan membosankan. Terbatasnya kemampuan siswa dalam menyesuaikan antara judul dengan isi karangan, penggunaan kosa kata yang belum maksimal, penggunaan ejaan dan tanda baca yang masih salah tebatasnya kemampuan siswa dalam mengembangkan gagasan atau ide menjadi suatu bentuk karangan, terbatasnya kemampuan siswa dalam berimajinasi dan memberi kesan hidup pada objek karangan. Selain itu, siswa juga belum bisa memaksimalkan penginderaan dalam menulis paragraf deskripsi. Permasalahan dalam penelitian ini ialah bagaimana meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan media kartu gambar pada siswa kelas IV SD negeri 2 Geneng Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara dan bagaimana perubahan perilaku siswa setelah dilakukan tidakan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Intrumen dalam penelitian ini berbentuk tes dan nontes. Instrumen tes berupa pedoman soal menulis paragraf deskripsi. Instrumen nontes berupa pedoman wawancara, pedoman pengamatan dan pedoman jurnal siswa dan guru. Pembelajaran paragraf deskripsi pada penelitian ini mengalami peningkatan. Dari pembelajaran awal siswa masih pasif dalam pembelajaran kemudian guru menggunakan media kartu gambar untuk meningkatkan pembelajaran. Siswa mengalami peningkatan pada nilai menulis paragraf deskripsi setelah menggunakan media kartu gambar pada tahap prasiklus nilai rata-rata sebesar 65, meningkat pada siklus II menjadi 70, dan pada siklus III menjadi 76.


Keywords


menulis; paragraf deskripsi; media kartu gambar



DOI: http://dx.doi.org/10.30659/j.5.2.100-105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia.