Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa, sikap belajar siswa, dan motivasi belajar siswa dalam materi menulis teks negosiasi dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan 1) keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X IIS 3 SMA N 2 Rembang setelah mengikuti pembelajaran menulis teks negosiasi dengan model pembelajaran Group Investigation mengalami peningkatan. Peningkatan ini terlihat dari perubahan nilai rata-rata dari siklus I, siklus II dan siklus III. Pada siklus I diperoleh hasil rata-rata sebesar 64,83. Pada siklus II diperoleh hasil rata-rata sebesar 76,54. Pada siklus III diperoleh hasil rata-rata 87,97. Peningkatan terjadi pada setiap siklusnya hingga mencapai hasil yang maksimal pada siklus III yang termasuk dalam kategori sangat baik dan sudah melampaui KKM yaitu 70,0. 2) Sikap belajar siswa mengalami peningkatan di setiap siklus. Pada sikap siklus I sebesar 57,97% pada siklus II meningkat menjadi 66,09% dan pada siklus III meningkat menjadi 69,31%. 3) motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan di setiap siklus. Pada siklus I sebesar 60,38%, pada siklus II meningkat menjadi 75,93%, dan pada siklus III meningkat menjadi 77,5%.
Keywords
menulis teks negosiasi; model pembelajaran group investigation.