Laras Bahasa Teks Iklan Produk dan Jasa di Kota Jakarta Utara sebagai Bahan Ajar Materi Teks Iklan di Kelas VIII SMP Tahun 2021

Dhiya Ulhaq

Abstract


Pentingnya analisis laras bahasa baik bagi masyarakat dan peserta didik, dengan terdapatnya analisis laras bahasa, masyarakat akan memperbaiki penulisan setiap teks iklan yang dibuat, karena akan mempengaruhi makna dan penyampaian pesan kepada pembaca teks iklan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis, pola, dan fungsi laras bahasa teks iklan produk dan jasa di Kota Jakarta Utara sebagai bahan ajar berupa handout di kelas VIII SMP. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik dokumentasi dengan subjek penelitian berupa spanduk dan poster yang terdapat di Kota Jakarta Utara yaitu tepatnya berada di Kecamatan Koja, Kecamatan Tanjung Priok, Kecamatan Kelapa Gading, Kecamatan Cilincing, Kecamatan Pademangan atau kecamatan yang terdapat di Wilayah Kota Jakarta Utara. Intrumen penelitian ini yaitu peneliti sendiri (Human Instrument) dengan dibantu oleh alat bantu berupa tabel instrumen pedoman analisis laras bahasa yang dibuat sendiri oleh peneliti. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik Bagi Unsur Langsung (BUL) yaitu dengan cara membagi terlebih dahulu satuan lingual datanya menjadi beberapa bagian atau unsur untuk menentukkan makna dari isi pesan yang terkandung pada teks iklan tersebut. Teknik analisis data pada penelitian ini juga dilakukan dengan 1) pengumpulan data, 2) penyajian data, 3) dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyak teks iklan produk dan jasa di Kota Jakarta Utara pada penulisannya terdapat laras bahasa yang tidak sesuai antara bahasa dan penggunaannya. Data penelitian ini berupa dokumentasi gambar iklan produk dan jasa, dengan berdasarkan teknik analisis data diperoleh hasil penelitian yaitu jenis laras bahasa yang ditemukan hanya 1 yaitu laras bahasa perniagaan, pola laras bahasa dengan memberi makna teks berdasarkan urutan kalimat dan struktur kalimat dan yang terakhir yaitu fungsi laras bahasa yang ditemukan yaitu fungsi ekspresif, fungsi informasional, fungsi direktif, fungsi puitik, dan fungsi interaksional.

 

Kata Kunci: laras bahasa, teks iklan produk dan jasa, Kota Jakarta Utara


Keywords


Laras Bahasa; Teks Iklan; Kota Jakarta Utara

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia.