MAKNA FIGURATIF PADA SLOGAN UNJUK RASA RKUHP DI MEDIA ONLINE TAHUN 2019

M DIKI LESMANA, Syarif Hidayatullah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya bahasa figuratif atau mengungkapkan makna gaya bahasa figuratif pada slogan unjuk rasa RKUHP di media online pada tahun 2019. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Jumlah slogan yang dianalisis adalah 43 slogan unjuk rasa RKUHP pada tahun 2019 yang diambil dari media online. Penelitian ini menggunakan teori keraf yang telah dimodifikasi untuk mendapatkan deskripsi oprasional yang meliputi gaya bahasa ironi, sinisme, sarkasme, satire, dan inuendo. Slogan unjuk rasa yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan pendekatan teori keraf yang meliputi lima gaya bahasa sindiran untuk mengungkapkan makna yang terkandung dalam slogan unjuk rasa RKUHP di media online tahun 2019. Data yang dikumpulkan kemudian dikaji dengan gaya bahasa sindiran menggunakan cara menghadirkan sebuah pembuktian, pernyataan, alasan, dan simpulan dari semua slogan unjuk rasa yang dianalisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa slogan yang dianalisis memiliki beragam gaya bahasa sindiran dengan rincian dari hasil pembahasan yang meliputi: gaya bahasa ironi ditemukan sebanyak 8 temuan, sinisme 11, gaya bahasa sarkasme 12, gaya bahasa satire 5, dan gaya bahasa inuendo 7 temuan. Gaya bahasa sarkasme mendapatkan poin yang paling bannyak dari gaya bahasa lainnya yang dianalisis.

 

 

Kata kunci: makna figuratif, slogan, gaya bahasa sindiran

 

Abstract

The purpose of this study is to analyze the figurative language style or to point the meaning of figurative language style on the RKUHP demonstration slogan in online media in 2019. This study applied qualitative-descriptive method. There are 43 slogans analyzed of RKUHP demonstration in 2019 that was taken from online media. This study applied modified Keraf theory to find out the operasional description, such s irony, cynicism, sarcasm, satire, and innuendo. The researcher would analyze the demonstration slogan collected using the approach of Keraf theory including five satire language styles to find out the meaning of RKUHP demonstration slogan in online media in 2019. The data would be analyzed using 5 satire language styles by presenting the proof, statement, reason, and conclusion of all demonstration slogans analyzed. The result of this study showed that there are various satire language styles with the following details of discussion result. There are 8 irony language styles, 11 cynicisms, 12 sarcasms, 5 satires, and 7 innuendos. Sarcasm language style has the biggest point than the other language styles.

 

Keywords: figurative meaning, slogan, satire language style


Keywords


makna figuratif, slogan, gaya bahasa sindiran

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.9.1.1-12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia.