PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS KARAKTER UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA SISWA SD KELAS IV

Rina Purwani

Abstract


Penelitian pengembangan dengan desai Research and Development (R&D) ini dilatarbelakangi oleh minat baca anak yang masih kurang dan tidak didukung adanya bahan bacaan atau cerita anak yang bermutu. Buku cerita yang berkembang di pasaran sebagian besar ialah buku cerita anak yang berbasis bergambar dan bersifat khayli sehingga tidak dapat merangsang pola pikir anak. Meski tetap mengandung nilai moral dan nilai pendidikan yang dapat dicontoh, tetapi cerita tersebut hanya dapat dijadikan sarana hiburan. Buku cerita bergambar merupakan media yang unik dan menarik dengan menggabungkan gambar dan teks dalam bentuk yang kreatif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kebutuhan pengembangan buku cerita bergambar, mendeskripsikan karakteristik kebutuhan pengembangan buku, memperoleh hasil pengujian produk buku sehingga layak digunakan sebagai pembelajaran membaca siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuh tahap penelitian yaitu mulai dari analisis kebutuhan sampai dengan uji terbatas produk. Penelitian dilakukan di tiga sekolah sampel di kota Purwokerto, yaitu SD N 2 Karanglewas Lor, SD N 1 Bantarsoka, SD N 1 Pasir Kidul. Instrumen data yang digunakan meliputi : pedoman pengamatan, pedoman wawancara, angket dan instrumen penilaian pakar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk telah baik dan layak sebagai sarana sumber belajar. Selanjutnya berdasarkan hasil uji keefektifan produk dalam pembelajaran penggunaan gambar yang menarik,kalimat yang jelas, komunikatif juga memudahkan peserta didik dalam memahami materi/isi buku tersebut.

 


Keywords


cerita bergambar; berbasis karakter; pembelajaran membaca



DOI: http://dx.doi.org/10.30659/j.8.2.180-194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia.