ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BUKU AJAR KOMPREHENSI LISAN BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM DAN BERORIENTASI LITERASI DIGITAL

Purwati Zisca Diana, Denik Wirawati

Abstract


Bahan ajar diperlukan pada setiap mata kuliah sebagai penunjang kegiatan belajar  bagi mahasiswa. Hal tersebut juga berlaku untuk mata kuliah Komprehensi  Lisan.  Pada tahap awal, perlu diketahui analisis kebutuhan terhadap penyusunan buku ajar Komprehensi Lisan. Buku ajar komprehensi lisan ini memiliki ciri khusus, yaitu berbasis nila -nilai Islam dan berorientasi literasi digital. Analisis kebutuhan ini merupakan dari penelitian dan pengembangan  (R&D).  Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini adalah  penelitian survei. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi pembelajaran, dan pengisian angket terkait respons mahasiswa dan dosen pengampu dalam pembelajaran Komprehensi Lisan. Data yang diperoleh dalam bentuk kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis secara deskriptif dengan presentase. Hasil analisis kebutuhan ini, menunjukkan bahwa mahasiswa membutuhkan buku ajar komprehensi lisan yang mudah dipahami, mengintegrasikan nilai-nilai Islam, dan terdapat contoh audio visual yang dikemas dalam teknologi digital. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perlu dikembangkan buku ajar komprehensi lisan  yang berbasis  nilai-nilai  Islam  dan  berorientasi  literasi  digital  untuk memfasilitasi mahasiswa dalam belajar, baik bersama pendidik maupun secara mandiri.


Keywords


analisis kebutuhan; komprehensi lisan; nilai-nilai Islam; literasi digital



DOI: http://dx.doi.org/10.30659/j.8.2.170-179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia.