TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM FILM AKU INGIN IBU PULANG KARYA MONTY TIWA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS DRAMA KELAS XI SMA

Nur Khasanah, Evi Chamalah, Meilan Arsanti

Abstract


Bahasa mempunyai peran vital dalam kehidupan manusia. Komunikasi yang dilakukan manusia dilakukan dengan menggunakan bahasa. Film merupakan jenis komunikasi secara tertulis. Dalam film terjadi bentuk komunikasi dan interaksi yang dilakukan tokoh melalui tuturan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur direktif dalam film Aku Ingin Ibu Pulang karya Monty Tiwa serta mendeskripsikan implementasi tindak tutur direktif yang terdapat dalam film Aku Ingin Ibu Pulang karya Monty Tiwa sebagai alternatif bahan ajar teks drama kelas XI SMA. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data ini adalah simak dan catat. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument) dibantu dengan alat bantu berupa kartu data. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini meliputi, (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) tindak tutur direktif tidak dapat dipisahkan dari kelangsungan hidup manusia dan 2) tindak tutur direktif dalam film Aku Ingin Ibu Pulang karya Monty Tiwa dapat diimplementasikan sebagai alternatif bahan ajar pada pembelajaran teks drama kelas XI SMA.


Keywords


direktif, fungsi, pembelajaran, teks drama

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/j.8.2.123-136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia.