PENGARUH MEDIA TEKS BERJALAN TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 PADANG

Syifa Fauzia, Afnita Afnita

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam keterampilan membaca teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan membaca teks berita menggunakan media dibandingkan tidak menggunakan media. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen. Dalam penelitian ini, metode eksperimen digunakan untuk melihat pengaruh media teks berjalan terhadap keterampilan membaca teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Media yang digunakan seharusnya sesuai dengan karakteristik materi pelajaran dan diarahkan pada proses pembelajaran yang dipusatkan pada siswa sehingga prestasi siswa dapat meningkat. Salah satu media pembelajaran yang menunjang di dalam pembelajaran membacakan berita adalah dengan menggunakan media teks berjalan. Hasil yang didapat dalam penelitian ini yaitu adanya pengaruh pembelajaran dengan menggunakan media teks berjalan dalam keterampilan membaca teks berita siswa di kelas VIII-H SMP Negeri 7 Padang. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai siswa pada waktu pretest total nilai 1.595 dan nilai rata-rata adalah 69,35. Setelah menggunakan media teks berjalan dalam proses belajar di kelas ini, didapat peningkatan hasil pembelajaran siswa pada waktu postest dengan total nilai 1.865 dan nilai rata-rata 81,01.


Keywords


media pembelajaran, keterampilan membaca; teks berita; media teks berjalan



DOI: http://dx.doi.org/10.30659/j.8.1.101-110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia.