TELAAH STUDI AMDAL PADA TAHAP PRAKONSTRUKSI PABRIK PELEBURAN TIMAH (SMELTER) PT. LABA-LABA MULTINDO PANGKALPINANG PROPINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

Rosianan Indrawati

Abstract


Telaah studi AMDAL yang dilakukan pada pabrik peleburan timah (smelter) PT. Laba-laba Multindo Pangkalpinang Propinsi Kepulauan Bangka Belitung ini mempunyai tujuan antara lain (a). Identifikasi komponen lingkungan yang diperkirakan terkena dampak pabrik peleburan timah; (b). Prakiraan dampak terhadap komponen lingkungan terutama yang menimbulkan dampak besar dan penting; dan (c).Evaluasi terhadap komponen llingkungan yang terkena dampak besar dan penting.

Kegiatan pada tahap prakonstruksi pabrik peleburan timah adalah berupa : studi kelayakan, pembebasan lahan, dan pembuatan master plan. Berdasarkan kegiatan pada tahap prakonstruksi tersebut, maka diketahui isu-isu pokok berupa : terjadi keresahan terhadap masyarakat karena adanya pembebasan lahan pada lokasi kegiatan. Pada tahap prakonstruksi ini akan mempengaruhi terhadap sikap  dan persepsi masyarakat. Analisis sikap/persepsi masyarakat dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan alat bantu kuesioner.

Hasil telaah didapatkan identifikasi dampak besar dan penting sebagai berikut                      (a). Perkiraan dampak yang timbul akibat studi kelayakan mempunyai dampak negatif kurang penting (-1) dengan besarnya dampak sangat kecil  (1); (b). Pembebasan lahan diperkirakan pentingnya dampak adalah negatif kurang penting (-1) dan besarnya dampak sangat kecil (1).

Kata kunci : AMDAL, tahap prakonstruksi, pabrik peleburan timah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.