Pengaruh Tata Kelola Desa Terhadap Kualitas Pelayanan Publik dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderasi

Aufa Naili Fahrina, Firda Ayu Amalia

Abstract


ABSTRACT

This study aims to determine the effect between village governance on the quality of public services through community perspective with organizational commitment as a moderating variable (Study on Candiwates Village, Prigen District, Pasuruan Regency). Thisis because in society there are differences between what is perceived by the village government dan the community. The population used was the Candiwates community with a research sample of 82 people. The sampling technique used was a purposive sampling technique and used outer and inner model tests. The results of this study indicate that village governance simultaneously affects the quality of public services with a hypothesis test statistical value of 6.928. this means that the condition of public services perceived by respondents (the community) is fairly good. Meanwhile, village governance on public service quality cannot be moderated by organizational commitment due to the lack of strong governance variables in Candiwates Village. The statistical value in the hypothesis test shows only 0.687 and the P value is red. However, partially the organizational commitment variable can affect the quality of public services with a hypothesis test statistical value of 11.286. the desired contribution in this research includes several important aspects that aim to improve village governance and ultimately improve the welfare and quality of services to the community with potential contributions such as, analysis and evaluation of village regulatory systems, development of good governance models and village resource management.

Keywords: Village Governance, Public Service, Organizational Commitment

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara tata kelola desa terhadap kualitas pelayanan publik melalui perspektif masyarakat dengan komitmen organisasi sebagai variabel moderasi (Studi pada Desa Candiwates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan). Hal ini dikarenakan dalam masyarakat terdapat perbedaan antara yang dirasakan oleh pihak pemerintah desa dan masyarakat. Populasi yang digunakan adalah masyarakat Candiwates dengan sampel penelitian berjumlah 82 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling serta menggunakan uji outer dan inner model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tata kelola desa berpengaruh secara simultan terhadap kualitas pelayanan publik dengan nilai statistik uji hipotesis sebesar 6.928. Artinya kondisi layanan publik yang dirasakan oleh responden (masyarakat) adalah terbilang baik. Sementara itu tata kelola desa terhadap kualitas pelayanan publik tidak dapat dimoderasi oleh komitmen organisasi karena kurang kuatnya variabel tata kelola pada Desa Candiwates. Nilai statistik pada uji hipotesis menunjukkan hanya sebesar 0.687 dan nilai P berwarna merah. Namun secara parsial komitmen organsiasi dapat bepengaruh terhadap kualitas pelayanan publik dengan nilai statistik uji hipotesis 11.286. Kontribusi yang dinginkan dalam penelitian ini mencakup beberapa aspek penting yang bertujuan untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan desa dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan dan kualitas pelayanan kepada masyarakat dengan potensi kontribusi seperti, analisis dan evaluasi sistem aturan desa, pengembangan model good governance dan pengelolaan sumber daya desa.

Kata Kunci: Tata Kelola, Pelayanan Publik, Komitmen Organsasi


References


Ali, Khaidir, dan Agung Saputra. 2020. “Tata Kelola Pemerintahan Desa Terhadap Peningkatan Pelayanan Publik Di Desa Pematang Johar.” Warta Dharmawangsa 14(4):602–14.

Amin, Muhammad. 2020. “Pengaruh Profesionalisme Aparatur Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Pemerintahan.” PUBLIC POLICY (Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis) 1(2):137–52. doi: 10.51135/publicpolicy.v1.i2.p137-152.

Andika, Tria, dan Martini. 2017. “PENGARUH PENGALAMAN, KOMPETENSI PROFESIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA AUDITOR (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Selatan).” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):167.

annur, cindy mutia. 2021. “Persyaratan Berbelit, Keluhan Utama Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik.” databoks.

Azlina, Nur, dan Ira Amelia. 2015. “Pengaruh Good Governance Dan Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Pemerintah Kabupaten Pelalawan.” Jurnal Akuntansi Universitas Jember 12(2):32. doi: 10.19184/jauj.v12i2.1409.

Fauziah, Fauziah. 2022. “Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Pemerintah Kelurahan Di Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang.” Jurnal BISNIS & KEWIRAUSAHAAN 11(1):52–63. doi: 10.37476/jbk.v11i1.3081.

Febrianti, M. M., dan M. P. Priyadi. 2022. “Implementasi Good Governance Dan Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi 11(8):1–16.

Firmansyah, Aditya Cholif, Brillian %J Journal of Office Administration: Education Rosy, dan Practice. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat.” 1(2):82–93.

Gama, Carlito. 2015. “Pengaruh Implementasi Sistem Freebalance Pada Pengalokasian Dana Civil Society Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.” Reformasi 5(2):409–22.

Heryanto, Yanto. 2014. “Implementasi Good Governance Terhadap Peningkatan Pelayanan Publik di Indonesia.” Jurnal Logika 12(3):23–40.

Meilina, Restin, dan Mochamad Wahyu Widodo. 2018. “Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Organizational Citizenship Behaviour (Ocb) Dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Pelayanan Publik.” Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia 11(2):49–57. doi: 10.32812/jibeka.v11i2.60.

Meutia, Kardinah Indrianna, dan Cahyadi Husada. 2019. “Pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan.” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 4(1):119–26.

Meyer, John P., dan Natalie J. Allen. 1991. “A three-component conceptualization of organizational commitment.” Human resource management review 1(1):61–89.

Oktari, Vera, dan Ulfa Afifah. 2023. “An Analysis of Village Governance With Organizational Commitment as a Moderating Variable.” Jurnal Tata Kelola dan Akuntabilitas Keuangan Negara 173–84. doi: 10.28986/jtaken.v9i1.796.

Parasuraman, Anantharanthan, Valarie A. Zeithaml, dan Leonard L. Berry. 1985. “A conceptual model of service quality and its implications for future research.” Journal of marketing 49(4):41–50.

Putra, Hendi Sandi. 2017. “Tata kelola pemerintahan desa dalam mewujudkan good governace di desa kalibelo kabupaten kediri.” Jurnal Politik Muda 6(2):110–19.

Rahman, Fathur. 2018. Teori Pemerintahan. Universitas Brawijaya Press.

Safitri, Devi. 2022. “The Determinants of Intent to Whistle-blowing: Organizational Commitment, Personal Cost of Reporting, and Legal Protection.” Accounting Analysis Journal 11(1):1–9. doi: 10.15294/aaj.v11i1.54734.

Sasauw, Regina Celine, Sofia Pangemanan, dan Donald Monintja. 2020. “Tata Kelola Pemerintahan Dalam Pengembangan Desa Perbatasan (Studi Kasus di Desa Kalongan Kecamatan Kalongan Kabupaten Talaud).” Jurnal Eksekutif 2(5).

Siti Maryam, Neneng. 2017. “Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik.” JIPSI-Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi UNIKOM 6.

Sugiyono, P. D. 2015. “METODE PENELTIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D)(ke-21).” Penerbit Alfabeta.

Vellayati, W. A., dan M. Dwihartanti. 2018. “Pengaruh kualitas pelayanan publik dan disiplin kerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat di kantor balai desa Rowosari Kecamatan Ulujami Kabupaten ….” … Administrasi Perkantoran-S1 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jai.13.1.43%20-%2053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Akuntansi Indonesia
is published by Department of Accounting, Faculty of Economics Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Indonesia in collaboration with IAI KaPD.

Jl. Raya Kaligawe Km.4, PO BOX 1054/SM Semarang 50112
Website: http://fe.unissula.ac.id/
Email: jai@unissula.ac.id

ISSN: 2655-9552 (Online) | 0216-6747 (Print)
DOI : 10.30659/jai

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License