Pengaruh Faktor Finansial dan Non Finansial terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting

Ilham Ramadhan Ersyafdi, Kasmi Hizzah Muslimah, Fitriah Ulfah

Abstract


The rapid growth of the Islamic religion has increased the desire and need of the people to work in accordance with Islamic principles which has led to the birth of companies based on Islamic values. The company itself has an obligation to fulfill social responsibility for the environment around the company. Islamic Social Reporting is another form of social responsibility based on a sharia perspective. The purpose of this study was to examine the effect of financial factors including leverage, profitability, liquidity, company size and non-financial factors, namely the size of the board of commissioners, the frequency of board meetings, independent commissioners, awards, media exposure to ISR disclosure with the object of research being companies listed in Jakarta Islamic Index (JII) for the period 2015-2019. The sample have been selected using purposive sampling method and data analysis using multiple regression analysis. The results showed that leverage, company size and the size of the Board of Commissioners partially had an influence on ISR disclosure. Meanwhile, profitability, liquidity, board of commissioners' meeting frequency, independent commissioners, awards, and media exposure had no effect on ISR disclosure. The coefficient of determination shows a number of 0.495. This explains that the independent variables in this study are able to explain the ISR disclosure of 49.5% while the remaining 50.5% consists of other factors which are not discussed in this study.

Keywords: islamic social reporting, leverage, company size, board of commissioner’s size, awards

Abstrak

Pertumbuhan agama Islam yang begitu cepat meningkatkan keinginan dan kebutuhan masyarakat untuk bekerja sesuai dengan kaidah Islam yang kemudian mendorong lahirnya perusahan - perusahaan yang berlandaskan nilai - nilai Islam. Perusahaan sendiri mempunyai kewajiban untuk memenuhi tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitar perusahaan tersebut. Islamic Social Reporting merupakan bentuk lain dari pertanggungjawaban sosial berdasarkan perspektif syariah. Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh faktor finansial di antaranya leverage, profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan dan faktor non finansial yaitu ukuran dewan komisaris, frekuensi rapat dewan komisaris, komisaris independen, penghargaan, media eksposur terhadap pengungkapan ISR dengan objek penelitian adalah perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2015-2019. Sampel yang telah diseleksi menggunakan metode purposive sampling dan analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage, ukuran perusahaan dan ukuran dewan komisaris secara parsial memiliki pengaruh terhadap pengungkapan ISR. Sedangkan profitabilitas, likuiditas, frekuensi rapat dewan komisaris, komisaris independen, penghargaan, dan media eksposur tidak berpengaruh terhadap pengungkapan ISR. Nilai koefisien determinasi menunjukkan angka sebesar 0,495. Hal ini menjelaskan bahwa variabel independen dalam penelitian ini mampu menjelaskan pengungkapan ISR sebesar 49,5% sedangkan 50,5% sisanya dijelaskan oleh faktor - faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini

Keywords: islamic social reporting, leverage, ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, penghargaan


Full Text:

PDF

References


Abadi, M, T., Mubarok, M, S., & Sholihah, R. A. (2020), Implementasi Islamic Social Reporting Index sebagai Indikator Akuntabilitas Sosial Bank Syariah, Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 6 No. 1.

Anas, A., Rashid H. M. A., & Annuar, H. A. (2015), The effect of award on CSR disclosures in annual reports of Malaysian PLCs. Social Responsibility Journal, Vol. 11 No. 4.

Anggraini, A., & Wulan, M., (2015), Faktor Financial - Non Financial Dan Tingkat Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam, Vol. 3 No. 2.

Baidok, W. Septiarini, D,F., (2016), Pengaruh Dewan Komisaris, Komposisi Dewan Komisaris Independen, Dewan Pengawas Syariah, Frekuensi Rapat Dewan Komisaris Syariah, Dan Frekuensi Rapat Komite Audit Terhadap Pengungkapan Indeks Islamic Social Reporting Pada Bank Umum Syariah Periode 2010-2014. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan Vol. 3 No. 12.

Cahya, B. T., Nuruddin, A., & Ikhsan, A., (2017), Islamic Social Reporting: From the Perspective of Corporate Governance Strength, Media Exposure and the Characteristics of Sharia Based Companies in Indonesia and its Impact on Firm Value. IOSR Journal of Humanities And Social Science, Vol. 22 No. 5.

Cahyono, D. D., Andini, R., & Raharjo, K. (2016), Pengaruh Komite Audit, Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris, Ukuran Perusahaan (Size), Leverage (DER) dan Profitabilitas (ROA) Terhadap Tindakan Penghindaran Pajak (Tax Advoidance) pada Perusahaan Perbankan yang Listing BEI Tahun 2011-2013. Journal of Accounting, Vol. 2

Chasana, U. Z., & Santoso, B. H., (2017), Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada PT Perkebunan Nusantara X (Persero) Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 6 No. 6.

Ersyafdi, I, R., & Sianturi, A, M., (2018), Pengaruh Profesionalisme, Kompetensi dan Dukungan Organisasi terhadap Kinerja Akuntan Forensik Lembaga Pemeriksa Keuangan Negara, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 7 No. 1.

Fitri, M., Nurdin, M., Mutia, E., (2019), The Effect of Media Exposure, Awards and Size of Shariah Supervisory Board Against The Disclosure of Islamic Social Reporting by Islamic Bank in Indonesia within 2012-1016. Proceedings of the 2nd Aceh Global Conference on Business Economic and Sustainable Development Trends (AGC-BEST), 82- 91.

Haniffa. (2002), Social Reporting Disclosure-An Islamic Perspective. Indonesian Management Accounting Research, Vol.1 No. 2, 128-146.

Hasanah, I. L., Maslichah, Junaidi., (2019), Slack Resources, Rapat Dewan Komisaris dan Feminisme Dewan Direksi terhadap Kualitas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. E-Jra, Vol. 8 No. 11.

Othman, R., Thani, A. M., & Ghani, E. K. (2009), Determinants of Islamic Social Reporting Among Top Shariah-Approved Companies in Bursa Malaysia. Research Journal of Internatıonal Studıes, Issue 12.

Kurniawati, M., & Yaya, R. (2017), Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Kinerja Keuangan dan Kinerja Lingkungan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting. Jurnal Akuntansi dan Investasi, Vol. 18 No. 2.

Pakpahan, Y., & Rajagukguk, L., (2018), Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, dan Media Exposure terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial. Jurnal Akuntansi, Vol. 18 No. 2.

Plorensia, W., & Hardinigsih, P., (2015), Pengaruh Agresifitas Pajak dan Media Exposure terhadap Corporate Social Responsibility. Dinamika Akuntansi Keuangan dan Perbankan, Vol. 4, No. 2.

Pratama, A. N. A., Muchlis, S., & Wahyuni, I., (2018). Determinan Pengungkapan Islamic Perbankan Syariah Dengan Komisaris Independen Sebagai Social Reporting (ISR) Pada Variabel Moderating. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Perbankan Syariah, Vol. 1 No. 2.

Purwanti, T., Nurlaela, Wijayanti, S.A., (2018), The Influence of Company Size, Profitability, Liquidity, Leverage and Tax Avoidance Disclosure Against the Islamic Social Reporting on Companies Listed On The Indonesian Stock Index of Sharia, The 2nd International Conference on Technology, Education, and Social Science 2018 (The 2nd ICTESS 2018).

Ramadhani, F. (2016), Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Dewan Pengawas Syariah terhadap Pengungkapan Islamic Sosial Reporting. JOM Fekon, Vol. 3 No. 1.

Riyani, D., Dewi, N, H, U., (2018), The Effect of Corporate Governance, Leverage, and Liquidity on Islamic Social Reporting (ISR) Disclosure in Islamic Commercial Banks in Indonesia. The Indonesian Accounting Review Vol. 8, No. 2.

Rosiana, R., Arifin, B., & Hamdani, M. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Dan Islamic Governance Score Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting. Esensi Jurnal Bisnis Dan Manajemen, Vol 5 No. 1.

Rostianti, S. S., & Sukanta, T. A. (2018), Pengaruh Dewan Pengawas Syariah, Profitabilitas dan Leverage terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Jurnal Akuntansi Bisnis dan Ekonomi, Vol. 4 No. 2.

Santoso, A. L., & Dhiyaul-Haq, Z. M. (2017), Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Jurnal Dinamika Akuntansi dan Bisnis, Vol. 4 No. 2.

Sari, M. S., & Helmayunita, N. (2019), Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, Vol. 1 No. 2.

Suryadi, N., & Lestari, S. (2018), Pengaruh Profitabilitas, Penghargaan, dan Islamic Governance Score terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting. Islamic Banking and Finance, Vol. 1 No. 2.

Widiastuti, H., Utami, E. R., Handoko, R., (2018), Pengaruh Ukuran Perusahaan, Tipe Industri, Growth dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2015). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Indonesia Vol. 3 No. 2.

Widiyanti, N. W., & Hasanah, N. T., (2017), Analisis Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) (Studi Kasus Pada Perusahaan yang Terdaftar pada Jakarta Islamic Index Tahun 2011 - 2015). Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam Vol. 5 No. 2.

Yentisna, & Alvian, A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage terhadap Islamic Social Reporting pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Menara Ilmu, Vol. XIII No. 10.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jai.10.1.21-40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Akuntansi Indonesia
is published by Department of Accounting, Faculty of Economics Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Indonesia in collaboration with IAI KaPD.

Jl. Raya Kaligawe Km.4, PO BOX 1054/SM Semarang 50112
Website: http://fe.unissula.ac.id/
Email: jai@unissula.ac.id

ISSN: 2655-9552 (Online) | 0216-6747 (Print)
DOI : 10.30659/jai

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License