Pendampingan kelompok guru SD di kecamatan Genuk tentang pemahaman metodologi penelitian pendidikan (action research & experiment) dan penyusunan artikel jurnal

Nuhyal Ulia, Rida Fironika KD, Yulina Ismiyanti, Sari Yustiana, Jupriyanto Jupriyanto, Andarini Permata Cahyaningtyas

Abstract


Abstrak

Kenaikan pangkat dan golongan bagi Guru PNS menjadi hal yang penting, namun yang harus dilakukan diantaranya adanya publikasi kegiatan ilmiah sebagaimana Permen PAN dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009. Bentuk publikasi ilmiah dapat berasal dari penelitian action research dan eksperimen. Pengetahuan Guru SD tentang metodologi penelitian action research dan penelitian eksperimen serta penulisan artikel ilmiah pada jurnal yang masih minim menjadi masalah tersendiri bagi guru tersebut. Pengabdian Masyarakat tersebut bekerja sama dengan kelompok guru di kecamatan Genuk kota Semarang Provinsi Jawa Tengah. Pelaksanaan pengabdian masayarakat, dalam bentuk kegiatan pelatihan, workshop, pendampingan penelitian dan menyusun artikel jurnal. Artikel jurnal dari peserta pengabdian yang sudah memenuhi syarat maka akan berkesempatan untuk di-publish pada jurnal pendidikan dasar PGSD UNISSULA. Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan mitra kelompok guru di kecamatan Genuk, namun pada pelaksanaannya tim pengabdian disarankan langsung terjun ke SD di lingkungan UPTD Genuk, sehingga tim pengabdian memilih 2 SD di lingkungan UPTD Genuk yaitu SDN Gebangsari 03 dan SDN Genuksari 02. Peserta terdiri dari guru-guru di SD tersebut sejumlah 50 peserta. Tingkat antusiasme dalam mengikuti kegiatan pengabdian sangatlah tinggi. Adapun materi yang diberikan saat pelatihan meliputi Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian eksperimen, teknik submit artikel jurnal melalui OJS. Kegiatan pengabdian berlangsung selama 2 bulan di tiap SD yakni pelaksanaan di SDN Gebangsari 03 pada bulan Juli sampai Agustus 2018 sedangkan di SDN Genuksari 02 dilaksanakan dalam Bulan September sampai Oktober 2018 dimulai dari observasi ke lokasi pengabdian, identifikasi masalah sampai dengan pelatihan dan pendampingan pembuatan penelitian dan artikel jurnal. Dari kegiatan pengabdian yang sudah dilaksanakan ada harapan dari pihak mitra untuk menindaklanjuti kegiatan ini dengan kegiatan pelatihan PTS atau penelitian tindakan sekolah bagi kalangan kepala sekolah.

Kata kunci: Action research; artikel jurnal; kelompok guru SD; pendampingan metodologi penelitian.


Abstract

The promotion and class for PNS teachers is important, but what must be done is the publication of scientific activities such as the Permen PAN and Bureaucratic Reform Number 16 of 2009. Forms of scientific publications can come from action research and experiments. The knowledge of elementary teachers about the methodology of action research and experimental research and the writing of scientific articles in journals that are still minimal is a problem for the teacher. Community Service is working with teacher groups in the sub-district of Genuk, Semarang, Central Java Province. Implementation of community service, in the form of training activities, workshops, research assistance and compiling journal articles. Journal articles from service participants who have fulfilled the requirements will have the opportunity to be published in the PGSD UNISSULA basic education journal. The implementation of service is done with teacher group partners in Genuk sub-district, but in the implementation the service team is advised to directly go to elementary school in Genuk UPTD, so the team the service chose 2 elementary schools in the Genuk UPTD namely SD Gebangsari 03 and SD Genuksari 02. Participants consisted of 50 elementary school teachers. The level of enthusiasm in participating in service activities is very high. The material provided during the training included classroom action research (CAR), experimental research, techniques for submitting journal articles through OJS. The service activities lasted for 2 months in each elementary school, namely the implementation of SD Gebangsari 03 in July to August 2018 while at SD Genuksari 02 held in September to October 2018 starting from observation to the service location, identifying problems up to training and mentoring making research and journal article. From the service activities that have been carried out there is hope from the partners to follow up this activity with PTS training activities or school action research for school principals.

Keywords: Action research; journal articles; SD teacher groups; mentoring research methodology


Keywords


Action research; journal articles; SD teacher groups; mentoring research methodology

Full Text:

PDF

References


Fatimah, S., dkk. (2012). Pembelajaran fisika menggunakan model cooperative learning ditinjau dari prestasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 42(1).

Fatimah, S., Kartika, I., & Niyartama, T. F. (2012). Pembelajaran fisika menggunakan model cooperative learning ditinjau dari prestasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 42(1).

Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70-81.

Indrawati, H. (2013). Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Ekonomi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 4(2), 84-95.

Kemendikbud. (2013). “Pendekatan & Startegi pembelajaranâ€(Bahan Ajar Diklat Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud No. 64 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Metode Tematik Integratif. http://www.sekolahdasar.net/2012/12/metode-tematik-integratif-pada.html#ixzz3tyL5KKFg diunduh 8 Desember 2015

Ridwan, A.(2017). Peningkatan Mutu Dikalangan Guru SD Gugus Diponegoro kecamatan Ungaran Barat Dengan Kemampuan Penyusunan Proposal PTK melalui Workshop. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 23-30.

Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1).

Zahera, Sy. (1997). Hubungan Konsep Diri dan Kepuasan Kerja dengan Sikap Guru dalam Proses Belajar-Mengajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 4(3).

Zees, R. F. (2012). Analisis Faktor Budaya Organisasi Yang Berhubungan Dengan Perilaku Caring Perawat Pelaksana Di Ruang Rawat Inap RSUD. Prof. Dr. H. Aloei saboe Kota Gorontalo. Jurnal Health and Sport, 5(01).




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.1.1.32-47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal of Community Services

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.