Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an untuk Mencetak Kader Ulama seperti Lulusan Madrasah Ibtidaiyah dan Pesantren

Sugeng Hariyadi, Sukijan Athoillah, Moh. Farhan

Abstract


Masyarakat Lemah Mendak, Mijen, Semarang menghadapi permasalahan di bidang pendidikan islam bagi anak-anak. Mereka berharap Taman Pendidikan al-Qur`an (TPQ) dapat menjadi solusinya. Akan tetapi, harapan ini belum terpenuhi, meskipun sudah ada TPQ yang berjalan. Selain karena pengaruh pandemi, tenaga pengajar dan kurikulum adalah dua masalah terbesar yang dihadapi, karena sering terjadi pergantian pengajar dan ketidakpastian pedoman pelajaran. Pengabdian ini hadir dengan tujuan untuk memberikan sebuah konsep pendidikan TPQ yang meliputi persiapan SDM, termasuk guru pengajar dan kurikulum agar dapat berjalan dan memenuhi harapan masyarakat. Selain itu, pengabdian ini bermanfaat untuk menjadi media yang mempertemukan keinginan kuat  antara mitra pengabdian yang terdiri dari para pengusaha Muslim dengan para pakar pendidikan Islam untuk mengembangkan TPQ reguler menjadi sebuah TPQ-PK (Program Khusus). Menariknya, target output dan outcome program ini tidak hanya akan melahirkan generasi pembaca al-Qur`an, namun juga penghafal al-Qur`an 30 juz, hadis, dan literatur Islam.  Pengabdian ini mengacu pada metode diskriptif fenomenologis. Hasil nyata dari pengabdian ini adalah konsep pengembangan kurikulum TPQ yang meliputi grand design,mata pelajaran, metode, dan pendekatan pembelajaran.

 The Lemah Mendak community, Mijen, Semarang faces problems in the field of Islamic education for children. They hope that the Qur'an Education Park (TPQ) can be the solution. However, this expectation has not been met, even though there is already a TPQ running. Apart from the impact of the pandemic, teaching staff and curriculum are the two biggest problems faced, due to frequent teacher changes and uncertainty in lesson guidelines. This service is here with the aim of providing a TPQ education concept which includes the preparation of human resources, including teaching teachers and curriculum so that it can run and meet community expectations. In addition, this devotion is useful to become a medium that brings together the strong desire between service partners consisting of Muslim entrepreneurs and Islamic education experts to develop regular TPQ into a TPQ-PK (Special Program).


Keywords


Masjid; Pendidikan; Penghafal; Pengusaha; Pengembangan

Full Text:

PDF

References


Agama, K. (2020, Maret 4). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor 91 tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaran Pendidikan al-Qur`an. Dipetik Mei 26, 2022, dari https://pustakapendisntt.com/: https://pustakapendisntt.com/2020/03/04/juknis-penyelenggaraan-tpq-2019/

Ashari, B. (2012). Modul Kuttab I. Depok: Yayasan al-Fatih.

as-Sa'id, T. (2012). Raudhatul Bayân li Muhaffidzil Qur`an. Qalyub: Mathabi' al-Ahram.

Azra, Z. S. (t.thn.). Tantangan Pendidikan Islam di Era Digital. Dipetik Mei 26, 2022, dari https://terasmedia.net/tantangan-pendidikan-islam-di-era-digital/

Bejo, A. (2011). Hubungan Kerjasama Antara guru dan Orangtua dalam meningkatkan Aktivitas Belajar Murid. . Dipetik Mei 26, 2022, dari https://sditalinayah.wordpress.com/2011/10/22/hubungan-kerjasama-antara-guru-dan-orangtua-dalam-meningkatkan-aktivitas-belajar-murid/

Boundless. (2016, May 26 ). “Politics.â€. Dipetik Juny 2016, 01, dari Boundless Sociology: https://www.boundless.com/sociology/textbooks/boundless-sociology-textbook/stratification-inequality-and-social-class-in-the-u-s-9/the-impacts-of-social-class-77/politics-460-4972/

Hanik, U. (2018). Kurikulum yang Ideal Bagi Sekolah dan Madrasah. Semarang. Dipetik Mei 26, 2022, dari https://www.academia.edu/35638488/KURIKULUM_YANG_IDEAL_BAGI_SEKOLAH_DAN_MADRASAH_pdf

Hidayat, N. (2015). METODE KETELADANAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM. TA’ALLUM, Vol. 03, No. 02, 137. doi:http://dx.doi.org/10.21274/taalum.2015.3.02.135-150

Humas01. (2017, Mei 6). Jadikan TPQ sebagai Lembaga Menarik dan Layak Jual. Semarang. Dipetik Mei 26, 2022, dari https://jateng.kemenag.go.id/2017/05/jadikan-tpq-sebagai-lembaga-menarik-dan-layak-jual/

Lisa Retnasari, S. d. (2019, April ). Penguatan Peran Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Pendidikan Karakter Religius. SOLMA 8(1):32, 37-38. doi:10.29405/solma.v8i1.2968

Mn, H. J. (2019, Maret 30). Insentif Guru Ngaji Diharapkan Terus Berlanjut. Wonosobo. Diambil kembali dari https://jatengprov.go.id/publik/insentif-guru-ngaji-diharapkan-terus-berlanjut/

Nashifa, I. U. (t.thn.). Manfaat Metode Pengulangan Dalam Belajar. Dipetik Mei 26, 2022, dari https://muslimah.or.id/14144-manfaat-metode-pengulangan-dalam-belajar.html

Prabowo, A. (2020). Pentingnya Berkisah Al-Qur’an dan Sunnah bagi Anak Usia Dini. Proceedings of The 2nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, (hal. 24). Yogyakarta. Dipetik Mei 26, 2022, dari http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/56/58

Ramdhani, K. (2019). AKHLAQ HUMOR DALAM PENDIDIKAN ISLAM. TA'LIM. doi:https://doi.org/10.36269/ta'lim.v0i0.83

Rizaluddin, A. (2019). Implementasi Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahsin Dan Tahfiz Al-Qur`an. Khazanah Pendidikan, Vol. 1 No. 1 , 2. Dipetik Mei 26, 2022, dari https://www.bing.com/search?q=arti+penting+metode+talaqi+&qs=n&form=QBRE&msbsrank=3_3__0&sp=-1&pq=arti+penting+metode+talaqi&sc=3-26&sk=&cvid=4499A23AAA2F467EAC60551979872286

salamquc. (2017). Begitu banyak manfaat jika anak kita menjadi penghafal Quran. Dipetik Mei 26, 2022, dari https://www.salamqucendekia.org/pentingnya-sekolah-tahfidz-quran-bogor/

Sutrisno, A. Z. (2018). Panduan Lengkap Mengajar Taman Pendidikan Al-Qur`an. Sukoharjo: Yayasan Hubbul Khair.

Tahir, G. (2015). Sinergitas Ilmu Dan Adab Dalam Perspektif Islam. Adabiyah vol. XV Nomor 1, 21. Dipetik Mei 26, 2022, dari https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/adabiyah/article/view/689/pdf_39




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.4.2.199-211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sugeng Hariyadi, Sukijan Athoillah, Moh. Farhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.