Penerapan Polisi Jentik Nyamuk Kids dan Pemeriksaan DDR (Drike Drupple) dalam Upaya Pencegahan Malaria pada Anak SD Advent Doyo Baru Sentani (The Application of Polisi Jentik Nyamuk Kids and DDR (Drike Drupple) Examination in the Prevention of Malaria to Students of SD Advent Doyo Baru Sentani)

Sri Wahyuni, Ruth Yogi, Wiwiek Mulyani, Eka Setyaning Suci, Roganda Simanjuntak

Abstract


Polisi Jentik Nyamuk Kids adalah sebuah metode yang dilakukan dengan mendidik siswa SD sebagai pendidik teman sebaya agar mampu membiasakan perilaku pencegahan malaria di lingkungan sekolah, dan di lingkungan rumah tempat tinggalnya. Setelah dilakukan penyuluhan kepada guru sekolah SD Advent Doyo Baru Sentani tentang cara pencegahan malaria, kemudian dilakukan pendidikan kepada para siswa sehingga mereka bisa melakukan upaya pencegahan malaria di lingkungan sekolah dan lingkungan rumah. Kemudian orang tua dari siswa tersebut juga diberikan penyuluhan dan evaluasi tentang bagaimana perilaku polisi jentik nyamuk kids di rumah dalam melakukan upaya pencegahan penularan malaria.

Polisi Jentik Nyamuk Kids is a method carried out by educating elementary students as peer educators to be able to familiarize malaria prevention behavior in the school environment, and in the home environment where they live. After counseling to Adventist Doyo Baru Sentani elementary school teachers on how to prevent malaria, education is then given to students so that they can make efforts to prevent malaria in the school and home environment. Then the parents of these students were also given counseling and evaluation on how the behavior of the kids mosquito larvae at home in preventing malaria transmission.


Keywords


Malaria; Polisi Jentik Nyamuk Kids; Pencegahan; Prevention

Full Text:

PDF

References


Camellia, V., & Atika, T. (2018). Pengelolaan model pendidikan teman sebaya (Peer Group) dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba. Jurnal Abdimas Talenta, 3(2), 282–286.

Irwanto. (2006). Focused group discussion. Jakarta: Buku Obor.

Iryanti. (2013). Pengaruh pendidikan kesehatan reproduksi melalui metode pendidikan sebaya terhadap pengetahuan dan sikap remaja dalam pencegahan kehamilan yang tidak di diinginkan di SMKN 15 Kotamadya Bandung. Jurnal Kesehatan Kartika STIKES A. Yani.

Kementrian Kesehatan RI. (2017). Info datin malaria. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kesehatan RI.

Kementrian Kesehatan RI. (2016). Fakta keberhasilan pengendalian malaria. Jakarta: Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI.

Mutianingsih, & Mustikasari. (2019). Dampak psikologis gempa bumi terhadap kelompok rentan: Lansia. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, Vol. 15, pp. 18-23. http://ejournal.stikesmuhgombong.ac.id/index.php/JIKK/article/view/290.

Pranawa, S., Yuliani, S., & Humsona, R. (2018). Memanfaatkan peer group untuk peer education strategy tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Jurnal SNIEMAS UAD, 279–286.

Rinanda, S. (2013). Pengaruh metode simulasi tanggap bencana alam terhadap kemampuan mitigasi pada anak tunagrahita ringan di Kelas C/D VI SLB Perwari Padang. Jurnal ilmiah pendidikan khusus, vol. 1, pp. 164-173. http://103.216.87.80/index.php/jupekhu/article/view/944

Suciana, F, dan Permatasari, D. (2019). Pengaruh edukasi audio visual dan role play terhadap perilaku siaga bencana pada anak sekolah dasar. Journal Of Holistic Nursing Science, vol. 6, pp. 44-51. http://journal.ummgl.ac.id/index.php/nursing/article/view/2543

Sutarto, E.C.B. (2017). Faktor lingkungan, perilaku dan penyakit malaria. Jurnal Agromed Unilla. Volume 4 No 1. Juni 2017 halaman 173-184.

UNICEF. (2012). Peer education. Retrieved from https://www.unicef.org/lifeskills/index_12078html

WHO. (2016). World Malaria Report. Global Malaria Programme. Geneva, WHO.

Widoyono (2011). Malaria dalam penyakit tropis: Epidemiologi penularan pencegahan dan pemberantasannya. Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.2.2.101-108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.