Literasi Guru terhadap Standar Lulusan Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan

Abdul Aris Nursyaban, Muhammad Ali Ramdani, Chaerul Rachman, Hasan Basri

Abstract


This study aims to describe a comparative analysis of the standard literacy understanding of graduates from 15 PAI and 15 Non PAI teachers and to find the legal basis for graduate standards, then pay attention to each indicator. The method used in this research is descriptive quantitative method. As a previous study, no one has analyzed the comparison of literacy understanding standards for PAI and Non PAI teacher graduates as a form of reference from the government. The researchers took 15 samples of PAI teachers and 15 samples of non-PAI teachers. The population in this study were 38 teachers from Bandung City Vocational High School and a sample of 15 PAI teachers and 15 non PAI teachers was selected. Data collection techniques using questionnaires and triangulation interview data analysis. Collecting data and questionnaires using google forms which are distributed to 15 PAI teachers and 15 non PAI teachers. Collect authentic data and triangulate the results of interviews with several teachers which are taken from filling out google forms, from the lowest and highest data, also analyze the results of the comparison between PAI and Non PAI, so 8 respondents PAI is superior and Non PAI 7 respondents are superior to 15 respondents presented by researchers.

 

Penelitian ini bertujuan memaparkan analisis perbandingan pemahaman literasi standar lulusan dari 15 guru PAI dan 15 Non PAI dan menemukan dasar hukum standar lulusan, lalu diperhatikan setiap indikator. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Sebagai penelitian terdahulupun belum ada yang menganalisis perbandingan pemahaman literasi Standar lulusan guru PAI dan Non PAI sebagai bentuk acuan dari pemerintah. Adapun peneliti mengambil 15 sample guru PAI dan 15 sample guru non PAI. Populasi pada penelitian ini adalah 38 orang guru SMK kota Bandung dan dipilih sampel sebanyak 15 orang guru PAI dan 15 orang guru Non PAI. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data wawancara triangulasi. Pengambilan data dan kuesioner menggunakan google form yang disebar disetiap 15 guru PAI dan 15 guru Non PAI. Mengumpulkan data otentik dan triangulasi hasil wawancara dengan beberapa guru yang mana diambil dari pengisian google form, dari data yang terendah dan tertinggi, juga menganalisis hasil perbandingan antara PAI dan Non PAI, maka 8 responden PAI lebih unggul dan Non PAI 7 responden lebih unggul dari 15 responden yang disajikan oleh peneliti


Keywords


Understanding, Graduat, Standards

Full Text:

PDF

References


Adha, Maulana Amirul; Supriyanto, Achmad; Timan, Agus. Strategi Peningkatan Mutu Lulusan Madrasah Menggunakan Diagram Fishbone. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 01, p. 11-22, june 2019. ISSN 2621-9549.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif (No. 1). 1, 17.

D E Kusumaningrum, I Arifin. (2017). “Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013,â€. PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah, no 1, 16-21.

Dania Evirianti, I. S. (2014, April 17). “Studi Komparatif Kompetensi Pedagogik Guru Pkn Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan,†. Jurnal Kultur Demokrasi, 2 no 4.

Dewi, M. P., Marsyidin, S., & Sabandi, A. (2020). Analisis Kebijakan dan Pengelolaan Pendidikan Dasar terkait Standar Kompetensi Lulusan di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 144-152.

F. Jaya, A., S. and Ellyawati. (2019). “Implementasi Standar Nasional Pendidikan Di Kabupaten Aceh Besar Suatu Persepsi Dan Harapan Masyarakat,â€. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 3 no 1, 1-13.

Faridah Alawiyah. (2017). “Standar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah,â€. Aspirasi 8,, no 1, 81-92.

Harras, Kholid A. (2011). Family Literacy: Kiat Membutuhkan Potensi dan Kemampuan literasi Anak-anak.

Hariandi, A., & Irawan, Y. (2016). Peran Guru dalam Penanaman Nilai Karakter Religius di Lingkungan Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 176-189.

KHAERUL, Anis. Pengelolaan Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, [S.l.], v. 4, n. 2, dec. 2021. ISSN 2614-3941.

Kharizmi, Muhammad. Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi). Jurnal Pendidikan Almuslim, Vol 7, No. 2 (2019).

Muhammad Anas Ma`arif,. (2017). “Analisis Konsep Kompetensi Kepribadian Guru PAI Menurut Az-Zarnuji,â€. ISTAWA 2, no 2, 35-60.

Oktiani, I. (2019). Peningkatan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekuncen Banyumas (Doctoral dissertation, IAIN).

Rahman, A. (2022). Upaya Peningkatan Standar Kompetensi Lulusan. Adiba: Journal Of Education, 2(1), 122-132.

REPUBLIK INDONESIA, P. R. E. S. I. D. E. N., & REPUBLIK INDONESIA, K. E. M. E. N. K. U. M. H. A. M. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Septiawati, L., & Eftanastarini, I. (2020). Analisis Ketercapaian Standar Kompetensi Lulusan di MTS As Salam. Attractive: Innovative Education Journal, 2(1), 81-89.

Setyawan, H. B. (2021). Pembangunan peternakan berkelanjutan dalam perspektif standar kompetensi lulusan program studi sarjana peternakan di Indonesia. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 2(1), 21-35.

Sudarsri Lestari. (2018). “Analisis Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (Studi Di Sdn 3 Tamanagung Banyuwangi),†3, no. 1 (March 30, 2018): 18–22, https://doi.org/10.31538/nidhomulhaq.v3i1.106. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3 no 1, 18-22.

Sukardi. (2015). Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan . Jakarta: Bumi Aksara.

Suryana, Y., & Ismi, F. M. (2019). Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 257-266.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v5i1.21480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Al-Fikri is published by the Department of Tarbiyah, Faculty of Islamic Studies, Sultan Agung Islamic University, Semarang, Indonesia.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.