ANALISIS PREDIKSI KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN TRANSPORTASI MENGGUNAKAN MODEL ALTMAN, GROVER DAN SPRINGATE DI BURSA EFEK INDONESIA

Riskin Hidayat

Abstract


Bankruptcy is something that must be considered for every company. In Indonesia, currently there are many companies that are expected to experience bankruptcy, which occurs in large companies, especially those on a multinational scale, due to debt data that is greater than total assets, especially in transportation companies. The purpose of this study is to analyze bankruptcy prediction using the Altman, Grover and Springate Models on the Indonesia Stock Exchange PT. with reference to signaling theory. The population is 42 transportation companies for the 2018-2021 period, using a purposive sampling method of 25 companies. Hypothesis testing uses an independent sample t-test. The results of the research are; there is no significant difference between the Altman and Grover models, there is no significant difference between the Altman and Springate models, and there is a significant difference between the Springate and Grover models. The results of this study are useful in assisting potential investors in choosing companies through bankruptcy analysis for each company

Keywords


Altman, Grover, Springate, Models, Bankrupty

Full Text:

PDF

References


Adnan & Arisudhana. (2017). Analisis Kebangkrutan Model Altman Z- Score dan Springate pada Perusahaan Industri Property. Jurnal EMBA, 1, 89-110

Altman, E.I. (2007). Financial Ratios, Discriminant Analysis and the Prediction of Corporate Bankcruptcy. The Journal of Finance, 23,589-609.

Bilondatu & Dungga. (2019). Analisis Model Altman Z- Score, Springate, dan Zmijewski Sebagai Metode Dalam Memprediksi Kondisi Kebangkrutan pada PT. Garuda Indonesia, Tbk periode 2014 – 2018. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN).

Ghozali, Imam. (2021), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26, Edisi 10, UNDIP, Semarang.

Harahap & Laily. (2020). Prediksi kebangkrutan Dengan Menggunakan Metode Altman Z- Score, Springate dan Zmijewski Studi pada Perusahaan Taksi Konvensional yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015 – 2019.

Hariyani, Diah S & Agung S. (2017). Analisis Perbandingan Model Altman Z-Score, Model Springate, dan Model Zmijewski dalam Memprediksi Kebangkrutan Bank Syariah di Indonesia. Jurnal EMBA, 1, 13-23.

Herawaty, dkk. (2020). Analisis Financial Distress Menggunakan Metode Altman Z- Score dan Springate Untuk Memprediksi Kebangkrutan pada Perusahaan Jasa Keuangan Dan Asuransi (Studi Empiris Pada Perusahaan Di BUMN Tahun 2014-2016). Jurnal Jambi Accounting Review (JAR).

Kason, dkk. (2020). Analisis Perbandingan Keakuratan Memprediksi Financial Distress dengan Menggunakan Model Grover, Springate dan Altman Z-Score pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2013-2017.

Lestari, A. S. P. (2018). Analisis Kebangrutan Dengan Model Altman Z-Score, Fakultas Ekonomi. Tesis Tidak Dipublikasikan, Universitas Negeri Semarang.

Mandalurang, Juniati., Paulina V., & Victoria N. (2019). Analisis Kebangkrutan dengan Menggunakan Metode Altman Z-Score dan Springate pada Industry Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Busines and Manajemen Perdagangan Ritel yang Terdaftar di BEI Periode 2014-2018, Jurnal EMBA, 7, 4358-4366.

Melissa & Banjarnahor. (2020). Analisis Prediksi Kebangkrutan Menggunakan Model Altman Z-Score, Springate, dan Zmijewski yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Priambodo. (2017). Analisis Perbandingan Model Altman, Springate, Grover, dan Zmijewski Dalam memprediksi Financial Distress (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015.

Prihanthini, N. M. E. D., & Sari, M. M. R. (2013). Prediksi Kebangkrutan dengan Model Grover, Altman, Springate dan Zmijewski pada perusahaan Food and Beferage di Bursa Efek Indonesia. E’jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 5(2) 417-435.

Rozi. (2022). Analisis Kebangkrutan Melalui perbandingan antara Model Altman Z-Score dan Springate pada Perusahaan Industri Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Journal Business dan Management.

Sudrajat & Wijayanti. (2019). Analisis Prediksi Kebangkrutan (Financial Distress) Dengan Perbandingan Model Altman, Zmijewski, dan Grover.

Sugiyono. (2018), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan ke-22, Alfabeta, Bandung.

Nurdyastuti & Iskandar. (2019). Analisis Model Prediksi Kebangkrutan pada Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar di BEI 2015-2017. Jurnal Bisnis Terapan.

Wijaya. (2017). Prediksi Kebangkrutan Menggunakan Model Altman Z- Score dan Springate pada Perusahaan Food and Baverage. E’ jurnal Universitas PGRI Yogyakarta

Yunita. (2021). Kemampuan Teori Model Altman, Springate, Grover, dan Zmijewski Dalam Memprediksi Financial Distress Perusahaan Transportasi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ekobis.24.2.72%20-%2082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Ekonomi dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats