STRATEGI MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN GENERASI MILENIAL PADA PASAR TRADISIONAL

Monica Rosiana

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah semakin berkembangannya bisnis di Indonesia yang menyebabkan keberadaan pasar tradisional semakin tersingkir. Masyarakat khususnya generasi muda semakin banyak yang enggan untuk berbelanja di pasar tradisional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model mengenai strategi yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian generasi milenial di pasar tradisional. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan informasi bagi para penjual di pasar tradisional untuk dapat meningkatkan strategi pemasarannya. Subyek penelitian ini adalah pengunjung milenial pasar tradisional di kota Purwokerto. Structural Equation Modeling (SEM) dan SPSS digunakan dalam penelitian ini.  Hasil dari penelitian ini adalah strategi pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian seseorang dalam berbelanja di pasar tradisional.


Keywords


keputusan pembelian, produk, harga, tempat, promosi, generasi milenial, pasar tradisional

Full Text:

PDF

References


Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat. Jurnal Ilmu dan Riset Manejemen. Vol.5 No.7, Juli 2016.

Amrullah, Artika Romal. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat. Jurnal Ilmu dan Riset Manejemen. Vol.5 No.7. (ISSN 2461-0593).

Anwar, Iful. (2015). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian “Bunchbead Kota Malang. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 4, No. 12. ISSN: 2461-0593.

Cynthia, Debby, Haris Hermawan, Ahmad Izzudin. (2022). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Publik. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik Universitas Bina Taruna Gorontalo. Volume IX Nomor 1.

G. Leon, Schiffman dan Lazar L Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh.

Gunawan, A. (2017). Analisis Bauran Pemasaran Dan Pengaruh Citra Produk Shuttlecock Terhadap Keputusan Pembelian Yang Berdampak Pada Kepuasan Konsumen (Di Perusahaan Shuttlecock “LIYAâ€). Universitas Muhammadiyah Surakarta

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis (7th Edition). NJ: Prentice Hall.

Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.

Kotler, P., Armstrong, G., Ang, S. H., Leong, S. M., Tan, C. T., & Ho-Ming, O. (2012). Principles of Marketing: an Asian Perspective. Pearson/Prentice-Hall.

Kurniawan, A. D., & Astuti, S. R. T. (2012). Analisis Pengaruh Produk, Promosi, Harga Dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Kedai Amarta Semarang). Diponegoro Journal of Management, 1(4), 282-289.

Paramitha, M. D., & Khasanah, I. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Mie Nges-Nges Banyumanik Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Philip Kotler dan Gary Armstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga, Edisi 13, jilid 2.

Swastha,Basu., Handoko, Hani. 2000. Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Tjiptono, F. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta: ANDI.

Vildayanti, R. A. (2020). Analisis Strategi Marketing Mix (4p) dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Jasa Periklanan Bigevo Di Jakarta Selatan Tahun 2019. JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 3(2), 247-272.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ekobis.24.2.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Ekonomi dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats