PENINGKATAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI JAWA TENGAH BERBASIS E-CONTENT MARKETING DAN INFLUENCER SOCIAL MEDIA SERTA E-TRUST (Studi pada Pengunjung Destinasi Wisata di Jawa Tengah)

Sri Ayuni

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi lumpuhnya industri pariwisata akibat pandemi covid-19 pada awal tahun 2020. Banyak pelaku usaha yang terkait sektor pariwisata menutup usahanya dan banyak pekerja kehilangan pekerjaannya.

Untuk memulihkan kembali industri pariwisata, khususnya di Jawa Tengah, diperlukan marketing communication yang tepat. Komunikasi pemasaran yang dahulunya biasa disebut dengan promosi. Komunikasi pemasaran lebih mengedepankan interkasi dua arah antara pengelola destinasi wisata dengan target pelanggan. Prakteknya komunikasi pemasaran kini dapat dilaksanakan dengan dua cara yakni komunikasi secara offline dan komunikasi secara online.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh e-content marketing, social media influencer (pemandu digital) dan e-trust terhadap keputusan mengunjungi tempat tempat wisata di Jawa Tengah. Focus utama content  adalah isi, gambar, desain grafis serta bentuk informasi dll. dan dari Influencer (peran pemandu digital). Sedangkan e-trust (kepercayaan konsumen) sebagai variabel mediasi untuk menggali apakah keputusan berkunjung wisatawan memang didasarkan pada kepercayaan konsumen atas konten  dan peran influencer yang diterimanya.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa e-Content Marketing dan Influencer social media berpengaruh signifikan terhadap e-trust, namun keduanya tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung. Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa e-trust memang benar-benar memediasi e-Content Marketing dan Influencer social media terhadap Keputusan Berkunjung. Perlunya penyedia jasa wisata lebih berfokus pada e-trust yaitu meyakinkan konsumen akan kebenaran informasi, kebenaran foto, gambar dan desain grafis. Selain itu penyedia jasa harus lebih teliti dalam memilih influencer social media.

Keywords


Content marketing; Influencer; Kepercayaan; Keputusan berkunjung

Full Text:

PDF

References


Adhimurti, dkk. 2019. Analisis Pengaruh Influencer Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z di Kota Surabaya.URL : https://www.sosial.unmermadiun.ac.id

Alma, B. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Aisyah Nur Afifah, 2018 Penerapan Digital Marketing dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Sektor Kreatif di Indonesia dan Malaysia, Bogor: Jurnal Sekolah Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor. Diakses melalui : https://www.repository.ipb.ac.id

Albin Sayyid, dkk. 2019. Pengaruh Social Media Influencer terhadap Porhase Intention yang dimediasi oleh Kepercayaan (Studi pada akun instagram @kulinesby. Diakses melalui : http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/2068

Ali Hasan, dkk. 2015. Pengaruh E-WOM pada Sosial Media Facebook terhadap Keputusan Berkunjung ke Desa Wisata Nglanggeran, Gunung Kidul. Diakses melalui : https://www.amptajurnal.ac.id

Amelia Andini, dkk, 2017. Pengaruh transaksi online shopping dan kepercayaan Konsumen terhadap Kepuasan Konsumen pada e-commerce. Diakses melalui : https://www.jurnalmahasiswa.stiesi.ac.id

Andy Putra Mahkota, 2014. Pengaruh Kepercayaan dan Kenyamanan terhadap Keputusan Pembelian online ( studi pada pelanggan website Ride Inc ). Diakses melalui : https://www.administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Asterina Widhiani, dkk, 2018. Pengaruh Promosi, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Konsumen dan Kualitas Informasi terhadap Minat Beli situs Bukalapak.. Diakses melalui : https://www.ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Barutu, Romario (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Konten Visual TEerhadap Keputusan PEembelian pada situs LAZADA melalui Kepercayaan Konsumen (Studi pada mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan ). URL : http://www.digilab.unimed.ac.id/37526/

Bening, Banyu (2019) Pengaruh Content Marketing pada Viral Marketing dan Customer Engagement pengguna Tokopedia di Yogyakarta. Diakses melalui : https://www.repository.usd.ac.id/34714/

Deny Ardyanto, 2015. Pengaruh kemudahan dan Kepercayaan Menggunakan E-Commerce Terhadap keputusan Pembelian Online. Diakses melalui : https://www.administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

DJ Priana, 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer, Alfabeta, Bandung.

Damayanti, E. dan I. Pamungkas. (2018). Konten Digital Marketing Melalui Instagram Warteg Hipster Sebagai Upaya Membangun Brand Awareness. Journal e-Proceeding of Management Vol.5, No.1. Hlm.1333-1340.

Dewi, R. Y., Yulianeu, A. T. Haryono dan E. Gagah. 2017. Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Bukalapak.com). Journal of Management Vol 3, No 3 (2017): Maret 2017.

Diamond, S. 2013. The Visual Marketing Revolution. USA: Pearson Education, Inc.

Fandy Tjiptono , 2004. Pemasaran Jasa : Prinsip. Penerapan, Penelitian. Penerbit ANDI Yogyakarta

Ferdinand. 2002. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gunelius, Susan. 2011. 30 Minute Social Media Marketing. United States : McGraw Hill

Handley et al ( 2010 ), Content Social Media Marketing

Hariyanti, Novi Tri and Wirapraja, Alexander (2018) Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Eksekutif, 15 (1). pp. 133-146. ISSN 1829-7501

Hendrick and Struggles, (2009), The Adoption of Digital Marketingin Financial, Services UnderCrisis

Hestanto, 2018. Kepercayaan Konsimen Terhadap Belanja Daring. Diakses melalui : https://www.hestanto,web.id

Kotler, Philip. 2005 Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas, Jilid 1. Jakarta. PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler dan Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. . Jakarta : Erlangga

Kotler, P & Amstrong, G. 2018. Principle of Marketing, Harlow, Pearson Education Manajemen Pemasaran.Jilid 1. Alih bahasa Bob Sabran. Edisi 13. Jakarta Erlangga

Mowen and Minor, 2002. Perilaku Konsumen. Penerbit : Erlangga Jakarta.

Nurdin, Hidayah, 2019 Pemasaran Destinasi Wisata. Penerbit : Alfabeta Bandung

Pulizzi, Joe, 2009. Epic Content Marketing

Putri, C.S. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 1, Nomor 5, Desember 2016.

Richardson , Matthew P and Elaine Bachman 2004. Viral Marketing dalam Seminggu. Alih bahasa : RekhaTrimaryoan. Prestasi Pustaka Publisher

Rima Rahmatun, dkk, 2019. Pengaruh Sosial Media Influencer dan Trustworthiness terhadap Keputusan Pembelian. Diakses melalui : https://www.jurnalmahasiswa.unesa.ac.id

Retno Susilowati, 2019. Pengaruh viral Marketing pada Kepercayaan Konsumen dan dampaknya pada Keputusan Pembelian. Diakses melalui : https://www.administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Sanjaya, R. dan J. Tarigan, 2009. Creative Digital Marketing. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Shrimp, Terence, 2002. (Alih bahasa oleh Sahrial, Revyani dan Diah Anikasari), 2003. Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasarn Terpadu Jilid 1 (Edisi3), Jakarta. Penerbit Erlangga

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suparman, U. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapan dalam Pemasaran. Bogor. Ghalia Indonesia

Wolf, 1976. Consumer Behaviour . Terjemahan Nugroho J Setiadi, 2019

Alfitri Zukhrufani, dkk. 2019. The effect of Beauty Influencer, Lifestyle, Brand Image and Halal Labelization towards Halal Cosmetical Ourhasing Decisions. Diakses melalui : https://e-journal.unair.ac.id/JEBIS/article/view/14704




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ekobis.23.1.28-40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Ekonomi dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats