MANAJEMEN PEMBINAAN MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNISSULA BERBASIS NILAI-NILAI DASAR PENDIDIKAN AKHLAK

Nuridin Nuridin, Ira Alia Maerani

Abstract


Unissula merupakan perguruan tinggi Islam yang memiliki visi sebagai Universitas terkemuka dalam membangun generasi khaira ummah, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi atas dasar nilai-nilai Islam, dan membangun peradaban Islam menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT dalam kerangka rahmatan lil a’lamin. Visi tersebut sebagai rujukan seluruh program termasuk dalam program pembinaan mahasiswa. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mengembangkan model manajemen pembinaan mahasiswa Fakultas Hukum Unissula berbasis nilai-nilai pendidikan akhlak. Penelitian ini didesain melalui Research and Development (R and D). Metode pengumpulan data terbagi dalam 4 tahap. Tahap pertama adalah tahap pendekatan kualitatif yang meliputi wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Tahap yang kedua yaitu tahap literature review dengan mengkaji grand theory. Tahap ketiga, tahap pengembangan model hipotetik (konseptual), dan tahap yang terakhir adalah tahap evaluasi model. Sedangkan untuk analisis data dipergunakan analisis data kualitatif, analisis data kuantitatif dan teknik pemeriksaan keabsahan data.

 

Unissula is Islamic University. Unissula vision’s to be perfect university in building the generation of khaira ummah, developing science and technology on the basis of Islamic values, and building Islamic civilization towards a prosperous society blessed by Allah SWT within the framework of rahmatan lil a'lamin. This vision serves as a reference for all programs, including the student coaching program. This study specifically aims to develop a management model for student development at the Unissula Faculty of Law based on moral education values. This study was designed using a research and development (R and D) approach. The data collection method is divided into 4 stages. The first stage is the stage of a qualitative approach which includes interviews, observations, documentation and questionnaires. The second stage is the literature review stage by reviewing the grand theory. The third stage is the stage of developing a hypothetical (conceptual) model, and the last stage is the model evaluation stage. Meanwhile, for data analysis, qualitative data analysis, quantitative data analysis and data validity checking techniques were used.


Keywords


management; student development; moral education

Full Text:

PDF

References


Daud. Wan Mohd Nor Wan. 2003. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed Muhammad Naquib al Attas, terjemahan Hamid Fahmi Zarkasyi dkk. Mizan. Bandung

Bahri. Syaiful. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah Ta’allum. Vol. 03, No. 01, Juni tahun 2015 https://media.neliti.com/media/publications/67939-ID-implementasi-pendidikan-karakter-dalam-m.pdf) diunduh pada tanggal 16 Mei 2022

Lewis. Harry. 2006. Excellence Without a Soul: How a Great University Forgot Education. Public Affairs.

Sir Walter Moberly. 1949. The Crisis in the University, SCM Press Publisher. London. https://www.questia.com/library/533242/the-crisis-in-the university. diunduh pada tanggal 24 Mei 2022

Jalal. Fasli dan Dedi Supriadi. 2001. Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Adicita. Yogyakarta

Undang-Undang Republik Indonesia (UU RI) Nomer 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Hugh. Thomas Patrick. 1995. Dictionary of Islam. Munshirahm Manoharlal Publisher. Pvt. Ltd. First Published 1885. New Delhi

Khalili. Hasib. 2014. Konsep al-Attas tentang Adab (Tawaran Paradigma Pendidikan). Jurnal Islamia. ISSN 1858-3245 Vol. IX No. 1 Maret 2014

Al-Jurjani. Syarif. 1995. Kitab Ta’rifat. Maktabah Lubnaniyah. Beirut

Zahruddin AR dan Hasanuddin Sinaga. 2004. Pengantar Studi Akhlak. PT. Raja

Grafindo. Jakarta.

John M. Echols dan Hasan Shadily. 1995. Kamus Inggris-Indonesia, PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Direktorat Kelembagaan. Ditjen Dikti Depdiknas. 2006. POLBANGMAWA (Pola Pengembangan Kemahasiwaan). Jakarta.

Kemendiknas. 2010. Direktorat Kelembagaan, Ditjen Dikti Depdiknas. (2006). POLBANGMAWA (Pola Pengembangan Kemahasiwaan). Jakarta

Mahdi bin Ibrahim. 1997. Amanah dalam Manajemen. Pustaka Al Kautsar. Jakarta

Ramayulis. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia. Jakarta.

Robbin dan Coulter. 2007. Manajemen (edisi kedelapan). PT Indeks. Jakarta.

Rofiq. Anwar. 2010. Risalah Bismillah Membangun Generasi Khaira Ummah. Unissula Press. Semarang

Siagian. Sondang P. 1990. Filsafah Administrasi. CV Masaagung. Jakarta.

Terry George R. 2006. Prinsip-prinsip Manajemen. Bumi Aksara. Jakarta.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

Sujarwa. 2010. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar:Manusia dan Fenomena Sosial

Budaya. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Ismawati. Esti. 2012. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Ombak. Yogyakarta.

Ramayulis. 2015. Dasar-Dasar Kependidikan Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan. Kalam Mulia. Jakarta.

Ahmadi. Abu dan Nur Uhbiyati. 2003. Ilmu Pendidikan. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Tatang S. 2012. Ilmu Pendidikan. CV. Pustaka Setia. Bandung.

Zahruddin AR dan Hasanuddin Sinaga. 2004. Pengantar Studi Akhlak. PT. Raja Grafindo. Jakarta.

Rosihon. Anwar. 2010. Akhlak Tasawwuf. CV. Pustaka Setia. Bandung.

Saefuddaulah. H.M. dan Ahmad Basyuni. 1998. Akhlak Ijtima’iyyah. PT. Pramator. Jakarta.

Hamzah. Ya’kub. 1983. Etika Islam Pembinaan Akhlakul Karimah. CV.

Diponegoro. Bndung.

Marzuki. 2009. Prinsip Dasar Akhlak Mulia. Debut Wahana Press. Yogyakarta.

Thoha. Chatib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Rohmat. Mulyana. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Alfabeta. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.1.2.67-78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.