Membangun Khidmah dalam Peningkatan Qana’ah dan Istiqamah Nasabah Perbankan Syariah

Siti Yuwalliatin, Asyhari Asyhari

Abstract


Meskipun mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, namun perkembangan bank syariah tidak sesuai yang diharapkan saat didirikan. Model khidmah, Qana’ah dan Istiqamah (KQI) menjadi landasan implementasi dalam kehidupan manusia dan bisnis yang bernilai Islami. Kajian studi ini bertujuan untuk mengkaji, menganalisis dan membuktikan model khidmah, Qana’ah dan Istiqamah nasabah dalam implementasi
perbankan syariah di kota Semarang. Sampel penelitian ini adalah 122 nasabah penabung perbankan syariah di kota Semarang. Data bersumber data primer dengan pengukuran menggunakan skala Likert. Variabel-variabel penelitian yang telah disebutkan, diukur dengan menggunakan skala Likert berdasar perpaduan antara kajian teoritik dan studi empirik berdasar pendekatan syariah Islam dan pemikiran konvensional. Metode analisis dipilih Structural Equation Model dengan kelebihan memprediksi hubungan kausalitas antar variabel penelitian. Hasil statistik menunjukkan bahwa khidmah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Qana’ah dan
Istiqamah. Implikasi yang diperoleh dari studi ini adalah khidmah, Qana’ah dan Istiqamah perlu dilaksanakan dan dikembangkan berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah. Oleh karena itu perlu ditingkatkan kinerja perbankan syariah dengan landasan nilai ruhiyyah, yaitu semata-mata mencari ridha Allah SWT.

Full Text:

PDF

References


Al-Bantani, I. N. (2005). NashÄikhul IbÄd; Nasihat-nasihat untuk Para Hamba Menjadi Santun dan Bijak: Terj. Fuad Kauma. Bandung: Irsyad Baitus Salam.

Al-Huqail, R. A. (2008). Istiqomah menuju Surga. Jakarta: Tasnim.

Al-Qarni, A. A. (2007). Berbahagialah. Jakarta: Pustaka Al Kautsar.

Alfi, A. N. A. (2021). Aset Keuangan Syariah Tumbuh 24,54 Persen Januari 2021. Retrieved 13-10-2021, from https://finansial.bisnis.com/read/20210420/231/1383491/aset-keuangan-syariah-tumbuh-2454-persen-januari-2021

Anshori, A. G. (2018). Perbankan syariah di Indonesia. Yogyakarta: UGM PRESS.

Antonio, M. S. i. (2001). Bank Syariah: dari teori ke praktik. Jakarta: Gema Insani.

Almath, Muhammad F.1991.1100 Hadits Terpilih. Jakarta : Gema Insani Press.

Antonio, M. Syafii. 2004. Bank Syariah : Dari Teori ke Praktek. Jakarta: Gema Insani & Tazkia Cendekia.

Allen, Natalie J. and John P.Meyer.1990.â€The Measurement and Antacedents of Affective, Continuance and Normative Commitment to the Organizationâ€Journal of Occupational Psychology,63(1),pp.1-18.

Ali,Mohammad Daud, 1999.Hukum Islam : Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Islam di Indonesia. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Anderson, James and Narus, 1990. A Model of Distributor Firm and Manufacturer Firm Working Partnership. Journal of Marketing, Vol. 54, January, pp.42-58.

Arifin, Zainul, 2005, Dasar - Dasar Manajemen Bank syariah, Jakarta: Pustaka Alvabet.

Asy-Syuail, Hasyim bin Abdullah, 2007, Kiat Cerdas meraih Istiqomah,Surabaya : La Raiba Bima.

As-Sayyid Salim, Abu Malik Kamal, 2007, Shahih Fikih Sunnah, Jakarta, Pustaka Azam.

Ash-Shawi, 2008, Fikih Ekonomi Keuangan Islami, Jakarta :Darul Haq.

Azra,2008, Ensiklopedi Tasawuf, Bandung : Angkasa.

Baron, R. M., & Kenny, D. A. (1986). The moderator–mediator variable distinction in social psychological research: Conceptual, strategic, and statistical considerations. Journal of personality and social psychology, 51(6), 1173-1182.

Bloemer, J, Ruyter, Peeters P,.1998.Investigating drivers of Bank Loyalty:the Complex Relationship between Image, Service Quality ang Satisfaction, The International Journal of Bank Marketing.vol.16.pp.276.

Brady M. and Cronin J., 2001.Some New Thoughts on Conceptualizing Perceived Service Quality : a Hierarchical Approach. Journal of Marketing Vo.65(3),pp.34-49.

Caruana, A. (2002). Service loyalty: The effects of service quality and the mediating role of customer satisfaction. European journal of marketing.

Chan, S., 2003. Relationship Marketing. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama

Cronin, J. Joseph and Taylor A. Steven, 1992. Measuring Service Quality : A Reexamination and Extension, Journal of Marketing, Vol. 62, pp.56-68.

Elhaitammy, T.1990.Service Excellence : Ujung Tombak Bank Marketing. Bank dan Manajemen. Jakarta:November-Desember.

Fatmah, 2005, Pengaruh Religiusitas, kualitas layanan dan inovasi produk terhadap kepercayaan dan komitmen serta loyalitas nasabah bank umum syariah di Jawa Timur, Desertasi, Surabaya:Unair.

Fasa, M. I. (2013). Tantangan dan strategi perkembangan perbankan syariah di indonesia. Islamic Economics Journal, 2(1), 19-40.

Ferdinand, A. (2006). Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen : Aplikasi Model-model Rumit dalam Penelitian untuk Tesis Magister dan Disertasi Doktor. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ganesan, Shankar, 1994. Determinants of Long term Orientation in Buyer Seller Relationshipâ€, Journal of Marketing, Vol. 58, April, pp.1-19.

Garbarino, E. and Johnson Mark.S,1999.The Different Roles of Satisfaction, Trust, and Commitment in Customer Relationships.Journal of Marketing.vol.63.pp.70-87.

Ghani, Muhammad. A., 2005. TheSpirituality in Business. Jakarta:.Pena.

Ghozali, Imam, 2008, Structural Equation Modeling : Metode Alternatif Dengan Partial Least Square, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gronroos, Christian, 1994.From Marketing Mix to Relationship Marketing : Towards a Paradigm Shift in Marketing. Management Decision.32(2),pp.4-20.

Ghazali, Imam, 2008, Rasa’il al Ghazali, Jakarta : Diadit Media.

Ghazali, I. (2007). Ringkasan Ihya Ulumuddin. Jakarta: Sahara Publishers.

Ghozali, I. (2014). Model Persamaan Struktural: Konsep Aplikasi dengan Amos 22 (Structural Equation Models: Application Concepts with Amos 22).

Haron, S., Ahmad, N., & Planisek, S. L. (1994). Bank patronage factors of Muslim and nonâ€Muslim customers. International journal of bank marketing, 12(1), 32 -40.

Idri, T. (2008). Prinsip Ekonomi Islam. Jakarta: Lintas Pustaka Publisher.

Kartajaya, Hermawan dan Syakir Sula.2006. Syariah Marketing. Bandung: Mizan.

Khadhr, Muhammad Zaki, 2008, Manajemen Total Istiqomah, Sukaharja, Shafa.

Kamaludin, Laode, 2006, 14 langkah Bagaimana Rasulullah SAW membangun Kerajaan Bisnis, Jakarta, Republika.

Kotler, Philip. 2000. Marketing Management : Analysis, Planning, Implementation, Control. Ninth Edition. New Jersey, Prentice Hall International Inc.

Lovelock and Wright.2005. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta:PT Indeks Kelompok Gramedia.

Al-Maqdisy, Ibnu Qudamah, 2008, Minhajul Qashidin, Jakarta : Pustaka As-Sunnah.

Mahmud, Abdul Halim. 2000. Fiqih Ukhuwah : Merajut Benang Ukhuwah Islamiyah, Solo, Era Intermedia.

Maridjo, Herry, 2003. Kualitas : Definisi dan Implikasinya bagi manajemen dan pelanggan, Antisipasi, volume 7 no.1.

Mahmud, Said, 1995, Konsep Amal Shaleh dalam Islam, Yogyakarta : Perpustakaan PPS IAIN Sunan Kalijaga.

Metawa, SA and Almossawi, M, 1998. Banking Behavior of Islamic Bank Customers Perspektives and Implications. The International Journal of Bank Marketing, Vol. 16 ( 7 ).pp.299-313.

Muflih, Muhammad, 2006. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam . Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Muhammad, 2005. Manajemen Bank Syariah, Yogyakara:UPP AMPYKPN

Muhammad, Fouroni L,.2002. Visi Al-Qur’an tentang Etika dan Bisnis

Jakarta : Salemba Diniyah.

Muryani.1998.Analisis Segmen Pasar Tabungan Bank Muamalat Indonesia Surabaya. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Airlangga.

Morgan, Robert M. and Shelby D. Hunt ( 1994 ) :â€The Commitmen – Trust Theory of Relationship Marketing,†Journal of Marketing, Vo. 58, Juli. pp.20 -38.

Idri, T. (2008). Prinsip Ekonomi Islam. Jakarta: Lintas Pustaka Publisher.

Jamal, A., & Naser, K. (2002). Customer satisfaction and retail banking: an assessment of some of the key antecedents of customer satisfaction in retail banking. International journal of bank marketing.

Kamaludin, L. (2006). 14 langkah Bagaimana Rasulullah SAW membangun Kerajaan Bisnis (Vol. Republika): Jakarta.

Karim, A. (2004). Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mahdi, S. (2005). Mengobati Penyakit Hati Meningkatkan Kualitas Diri. Jakarta: Pustaka Zahra.

Mahmud, S. (1995). Konsep Amal Shaleh dalam Islam. Yogyakarta: Perpustakaan PPS IAIN Sunan Kalijaga.

Marimin, A., & Romdhoni, A. H. (2015). Perkembangan bank syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(02), 75-87.

Muflih, M. (2006). Perilaku konsumen dalam perspektif ilmu ekonomi Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Muhammad, M. (2005). Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: UPP AMPYKPN.

Nasser K., Jamal A and Khalid A.,1999. Islamic Banking A Study of Customer Satisfaction and Preferences in Jordan. The International Journal of Banking Marketing for The Financial Services Sector Vol. 17 (3) pp.135-150.

Nawawi, Imam. 2005. Nashaihul Ibad. Bandung : Irsyad Baitus Salam.

Othman and Owen.2001,Adapting and Measuring Customer Service Quality (SQ) in Islamic Banks : A Case Study In Kuwait Finance House.International Journal of Islamic Financial Service.Vol.3.No.1.pp.235-254.

Parasuraman A., Valarie.A. Zeithaml and Leonard L. Berry.1985. A Conceptual Model of Service Quality and It’s Implications for Future Research. Journal of Marketing. Vol. 49.pp.41-50.

Parasuraman A., V.A. Zeithaml and Berry L. L,. 1988. SERVQUAL : A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Services Quality.Journal of Retailing, 64 ( Spring ).pp.12-40.

Perwataatmadja.Karnaen. Muhammad Syafi’i Antonio.1993. Apa dan Bagaiman Bank Islam. Yogyakarta : Dana Bhakti Wakaf

Pendit, Sudarta T,.(2004). Psychology of Service.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam-Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.2008. Ekonomi Islam. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Rahardjo D., 1990. Etika Ekonomi dan Manajemen. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Ramadania.2002.Kepercayaan dan Komitmen sebagai perantara Kunci relationahip Marketing dalam membangun loyalitas (Survei pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia Surabaya). Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen. Vol.2. hal. 33-50.

Ar-Rifai, Muhammad Nasib.1999. Kemudahan dari Allah : Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta : Gema Insani.

Risalah, Markaz.2006. Ar Rifa fil Manzhur al Islami (Melembutkan Hati), Jakarta: Pustaka Zahra.

Rachmahyanti, S. (2021). OJK: Perbankan Syariah Indonesia Tumbuh Positif di Tengah Pandemi. from https://www.idxchannel.com/economics/ojk-perbankan-syariah-indonesia-tumbuh-positif-di-tengah-pandemi

Riadi, E. (2018). Statistik SEM structural equation modeling dengan Lisrel.

Sadr, Sayyid Mahdi. 2005. Mengobati Penyakit Hati : Meningkatkan Kualitas Diri.Jakarta : Pustaka Zahra.

Sheth, Jagdish N, and Atul Parpatiyar.1995. Relationship in Consumer Markets : Antecedents and Consequences.Journal of the Academy of Marketing Science, 23 ( 4).pp.225 – 271.

Shihab, M. Quraish, 2007, Tafsir Al-Misbah, Jakarta : Lentera Hati.

Suyadi, 2008, Quantum Istiqomah: Sinergi Dzikir, Pikir, Ikhtiar, Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Singarimbun, M., dan Sofyan E,. 1995. Metode Penelitian Survei, cetakan kedua, Jakarta : LP3ES.

Segaf, Salim.2004. Penerapan Syariat Islam di Indonesia. Jakarta : Global Media.

Sharma, Neeru and Patterson, Paul G. 1999. The Impact of CommunicatioEffectiveness and Service Quality on Relationship Marketing in Consumer, Profesional Services. Journal of Services Marketing, Vol. 13, No. 2, pp.151 – 170.

Shihab, M. Quraish.2002.Tafsir Al-Misbah.Jakarta:Lentera Hati.

Sudarsono, Heri.2003. Konsep Ekonomi Islam Suatu Pengantar. Yogyakarta : Ekonisia.

Sutarso, Y dan Tatik S.2002.Membangun Komitmen Organisasi melalui Pendekatan Relationship Marketing bagi Peningkatan Daya Saing.Proceeding Temu Ilmiah I APIO, Fakultas Psikologi Unair.

Sultani, Gulan Reza. 2004. Hati yang Bersih : Kunci Ketenangan Jiwa. Jakarta : Zahra.

Suhendi, Hendy,2002, Fiqh Muamalah, Jakarta : Raja Grafindo Perkasa.

Said Saat Marthon, 2004.Ekonomi Islam : Di Tengah Krisis Ekonomi Global, Jakarta : Zikrul Hakim.

Sarwono, Jonathan, 2007, Analisis Jalur untuk Riset Bisnis dengan SPSS, Yogyakarta : Andi.

Sadr, Sayid Mahdi, 2004,Mengobati Penyakit Hati : Meningkatkan kualitas diri, Jakarta : Pustaka Zahra.

Solihin, Rosihan Anwar, 2002, Kamus Tasawuf, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Syukur, Amin, 2003, Tasawuf Kontekstual : Solusi Problem Manusia Modern, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Segaf, S. (2004). Penerapan Syariat Islam di Indonesia. Jakarta Global Media.

Shihab, M. Q. (2007). Tafsir al-Mishbah, Jakarta: Lentera Hati.

Singarimbun, M., & Effendi, S. (1995). Metode Penelitian Survei Cetakan Kedua. Jakarta: LP3ES.

Sobel, M. E. (1982). Asymptotic confidence intervals for indirect effects in structural equation models. Sociological methodology, 13, 290-312.

Sula, M. S. (2004). Asuransi syariah: life and general: konsep dan sistem operasional: Gema Insani.

Sultani, G. R. (2004). Hati yang Bersih Kunci Ketenangan Jiwa. Jakarta: Pustaka Zahra.

Syukron, A. (2013). Dinamika perkembangan perbankan syariah di Indonesia. Economic: Journal of Economic and Islamic Law, 3(2), 28-53.

Tasmara, T. (2006). Spiritual centered leadership (kepimpinan berbaris spiritual): Gema Insani.

Sarkaniputra, Murasa,2004, Adil dan Ihsan dalam Perspektif Ekonomi Islam : Implementasi dalam perspektif Ekonomi Islam : Implementasi Mantik Rasa dalam Model Konfigurasi Teknologi al-Ghazali-as-Syatibi-Leontif-Sraffa, Al-Iqtishadiyah, Vol.1, No.1, Januari, Jakarta.

Syaltut, Mahmud.1996.Ensiklopedi Islam.Jakarta : Ichtiar Baru Van Hoeve.

Thuwairaqi N., 2004. Sekolah Unggulan : Berbasis Sirah Nabawiyah. Jakarta: Kaffah.

Tjiptono, F.2006.Pemasaran Jasa.Malang:Bayumedia.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana.1995. Quality Management. Yogyakarta : Andi Offset.

Usman Husaini, 2001. Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara.

Wetzels, M and Ruyter, Ko de.1998.Marketing Service Relationship:the Role of Commitment.Journal of Business & Industrial Marketing.Vol.13.pp406-423.

Wilardjo, S. B. (2005). Pengertian, Peranan dan Perkembangan Bank Syari’ah Di Indonesia. Value Added| Majalah Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 1-10.

Widyaningsih, 2005, Bank dan Asuransi Islam di Indonesia: Jakarta, Kencana.

Yusuf, A.A. 2006. Islam dan Sains Modern : Sentuhan Islam terhadap berbagai Disiplin Ilmu, Bandung: Pustaka Setia Bandung.

Yani, Ahmad. 2007. Be Excellent : Menjadi Pribadi Terpuji. Jakarta : Gema Insani.

Yusuf Qardlowi, 1998, Qur’an dan ilmu pengetahuan, Jakarta, Gema Insani.

Zadjuli, Suroso Imam.,1999.Prinsip-prinsip Ekonomi Islam. Surabaya:Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga.

Zeithaml, Valerie A and Mary Jo. Bitner.2003.Service Marketing. International Edition. New York. Mc. Graw Hill Company.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.1.1.24-42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.