STRATEGI POSITIONING RADIO SLAWI FM DI ERA KONVERGENSI MEDIA
Abstract
Penelitian berawal dari adanya fenomena tentang eksistensi radio terhadap minat pendengar yang semakin pudar. Namun, tidak berlaku untuk Radio Slawi FM, yang keberadaannya sampai sekarang masih eksis dan disegani banyak orang terutama para remaja. Tujuan yang diharapkan penelitian ini yaitu guna mengetahui “Stategi Positioning Radio Slawi FM di Era Konvergensi Media”. Penelitian ini menggunakan teknik mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Strategi Positioning Radio Slawi FM di Era Konvergensi Media mencakup beberapa tahap. Pertama, proses penyiaran Radio Slawi FM sesuai dengan ketetapan yang sudah diberlakukan. Kedua, gaya komunikasi penyiar didasarkan pada teknik siaran edukatif, informatif, dan persuasif yang berlainan dan memiliki kekhasan sendiri. Ketiga, strategi Radio Slawi FM dalam menarik minat pendengar.dengan memformulasikan komunikator (penyiar), media, dan pesan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bukti yang menunjukkan bahwa “Strategi Positioning Radio Slawi FM di Era Konvergensi Media” berhasil menarik minat pendengar. Strategi yang dilakukan penyiar saat membawakan program siaran membuat para pendengar terhipnotis dan tertarik.
Kata kunci : Strategi Positioning, Radio. Konvergensi Media
Full Text:
UntitledReferences
Novia, D. H., & Simbolon, B. R. (2019, April). Strategi Komunikasi Penyiar Radio Sla FM 105.6 MHZ Takengon Kabupaten Aceh Tengah Dalam Meningkatkan Minat Pendengar. Jurnal Social Opinion, 4, 1-13.
Sarinah , Huda, M., & Saputra, V. D. (2021, Juli - Desember). Strategi Komunikasi Citra FM Kendal Dalam Meningkatkan Minat Pendengar. Journal Of Communication Studies, 1, 97-113.
Tamtelahitu, T. M. 2020. Strategi Komunikasi Radio UKIM FM melalui Media Sosial dalam Menggaet Pendengar.Jurnal Komunikasi Dan Media, 4, 142-152.
Tanjung, A. M., Naldo, J., & Rizal, F. (2022, November). Strategi Komunikasi Radio Republik Indonesia (RRI) Kota Sibolga Dalam Meningkatkan Eksistensi Minat Pendengar. Jurnal Ilmu Sosial, 1, 951-957.
Trinoviana, A. (2017, Oktober). Strategi Konvergensi Radio Sebagai Upaya Perluasan Pasar Audience dan Iklan. Jurnal Komunikasi, 12, 35-48.
Effendy, Onong. U. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT.Citra Aditya Bakti.
Simbolon, Besti dan Dinda Novia. (2019). Strategi Komunikasi Penyiar Radio SLA FM 105.6 MHZ Takengon Kabupaten Aceh Tengah dalam Meningkatkan Minat Pendengar. Jurnal Social Opinion Vol. 4 No. 1, 1-13.
Jampel, I. N. (2016). Komunikasi Massa. Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha.
Cangara, Hafied. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rohmadi, Muhammad. 2004. Karakteristik Penyiar Radio JPI FM Solo. Jurnal Humaniora Vol. 16 No. 2, 211-222.
Ulfa, Yuniati. dkk. 2019. Motif Pendengar Radio di Era Perkembangan Teknolgi
Informasi(Studi Kepuasan Penggunaan Media pada Generasi Z di Bandung). Jurnal Ilmu Komunikasi, 83-90.
Radio Slawi FM, https://slawifm.id/
Refbacks
- There are currently no refbacks.