Penentuan Section Terbaik Berdasarkan Kaizen Dengan Metode Simple Additive Weighting Di PT Sami Jepara

Lilis Nuryawai, Dedy Kurniadi, Andi Riansyah

Abstract


PT Sami Jepara merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang otomotif. Untuk mendapatkan perubahan yang lebih baik di PT Sami Jepara, perusahaan telah membuat suatu program yang disebut kaizen, yaitu suatu cara yang dilakukan untuk mendapatkan perubahan yang lebih baik dari sebelumnya dengan tujuan untuk meningkatkan hasil produksi, efisiensi waktu dan penghematan biaya. Section merupakan bagian dari sebuah divisi di dalam perusahaan, section terbaik berdasarkan kaizen tersebut tentunya akan mendapatkan penghargaan dari manajemen PT Sami Jepara yang diserahkan langsung untuk pembuat kaizen. Untuk membantu pekerjaan tim kaizen dalam melakukan penilaian, diperlukan suatu sistem yang dapat mempersingkat waktu saat proses perhitungan. Untuk itu dilakukan penelitian ini guna merancang sistem yang dibutuhkan dengan menggunakan sistem pendukung keputusan dengan metode simple additive weighting. Dengan adanya sistem ini perhitungan penilaian section terbaik berdasarkan kaizen akan lebih akurat dan menghemat waktu dalam laporan hasil akhir.

Full Text:

PDF

References


Erlangga, B., & Elisabet, Y. A. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Karyawan Terbaik Di Wisata Talang Indah Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw) (Studi Kasus : Kabupaten Pringsewu), VOL 5, NO, 96–102.

Fatkhurrohman, A. (2016). Penerapan kaizen dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas produk pada bagian banbury pt bridgestone tire indonesia. Jurnal Administrasi Kantor, 14-31.

Latif, L. A., Jamil, M., & Abbas, S. H. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: Deepublish.

Putra, N., & Musadieq, M. (2018). Analisis penerapan budaya kaizen pada perusahaan joint venture asal jepang di Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 188-197.

Triwahyuni, A. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik Carrefour Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw). Jurnal Informatika Darmajaya, 15(1), 66–80.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.