Klasifikasi Jenis Jamur Konsumsi Berbasis Android Menggunakan Metode K-Nearset Neighbors (KNN)

Darsilowati Darsilowati, Aditya Akbar Riadi, Evanita Evanita

Abstract


Penggunaan aplikasi berbasis android pada sekarang bukanlah sesuatu yang baru. Setiap hariya selalu saja bermunculan aplikasi baru diandroid, setiap aplikasi memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Mulai dari hiburan, edukasi dan sebagainya. Sama halnya dengan aplikasi pengelompokan jamur yang dapat dimakan ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat untuk mengetahui apakah jamur yang diperoleh bisa dimakan atau tidak. Aplikasi ini dirancang guna untuk meminimalisasikan kejadian karacunan jamur dikalangan masyarakat karena rendahnya informasi tentang jamur tersebut. Aplikasi ini juga akan memudahkan masyarakat dalam menggali informasi yang dibutuhkan dengan mudah. Hanya dengan menggunakan telepon pintar mereka dapat mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Penggunaan android juga memudahkan siapa saja yang ingin menggunkannya, dikarenakan sistem android sudah banyak dikenal dan digunakan oleh masyarakat. Sehingga dapat mempermudah. Dalam perancangan program android tersebut menggunakan sebuah metode algoritma K-Nearest Neighbor (K-NN) diamana sebuah metode yang melakukan klasifikasi terhadap objek berdasarkan data pemelajaran yang jaraknya paling dekat dengan objek tersebut. Data pemelajaran digambarkan ke ruang berdimensi banyak dengan tiap-tiap dimensi mewakili tiap ciri/fitur dari data.

 


Full Text:

PDF

References


Ed Burnette., 2009, Hello Android 2nd Edition,

USA

Fauzi, J. F., Tolle, H., Dewi, R. K. (2018). Implementasi Metode RGB To HVS Pada Aplikasi Pengenalan Mata Uang Kertas Berbasis Android Untuk Tuna Netra. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(6), 2319-2325.

Gustina, S., Fadlil, A., Umar, R. (2017). Sistem Identifikasi Jamur Menggunakan Matode Ekstraksi Ciri Statistik Orde 1 Dan Klasifikasi Jarak. Techno.com, 16(4), 378-386.

Hartiningtyas, S., Ruslianto, I., Hidayati, R. (2018). Klasifikasi Jenis Mangga Berdasarkan Bentuk Buah Dengan Metode K-Nearest Neighbor Berbasis Android. Jurnal Coding, 6(1), 12-23.

Informatikalogi. (2020, November 28). Algoritma K-Nearest Neighbor (K-NN). Dipetik April 20, 2021, dari informatikalogi.com: https://informatikalogi.com/algoritma-k-nn-k-nearest-neighbor/

Muwardi, F., & Fadlil, A. (2017). Sistem Pengenalan Bunga Berbasis Pengolahan Citra Dan Pengklasifikasi Jarak. Jurnal Ilmu Teknik Elektro Komputer Dan Informatika (JITEKI), 3(2).

Oktanisa, I., & Supianto, A. A. (2018). Perbandingan Teknik Klasifikasi Dalam Data Mining Untuk BAnk Direct Marketing. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 5(5), 567-576.

Permadi, Y., & Murinto. (2015). Aplikasi Pengolahan Citra Untuk Identifikasi Kematangan Mentimun Berdasarkan Tekstur Kulit Buah Menggunakan Metode Ekstraksi Ciri Statistik. Jurnal Informatika, 9(1).

Saryani, I. G. A. D. (2017). Perancangan Aplikasi Notifikasi Pembuatan Baglog Jamur Tiram. Techno.com, 16(1), 96-105.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jast.1.02.22-29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.